Scroll untuk baca artikel
Pagaralam

Diktari Pagaralam Tergolong Katagori Sangat Tinggi Skor 55,24

1
×

Diktari Pagaralam Tergolong Katagori Sangat Tinggi Skor 55,24

Sebarkan artikel ini

Indek Ketahanan Keluarga Terhadap Penyalahgunaan Narkoba

BERITAPRESS, PAGARALAM | Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pagaralam menggelar press release akhir tahun 2023 dalam upaya capaian melakukan pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) Rabu (20/12/2023) pagi, jam 09.30 Wib

Kepala BNN Kota Pagaralam, Andi Kurniawan mengatakan selama 2023 ini banyak program yang sudah direalisasikan. “Namun juga Memang masih banyak kekurangan tapi ia berjanji akan terus meningkatkan dan memperbaiki kalau masih terdapat ke kurangan,” katanya.

Dalam hal pemberantasan narkotika di wilayah kota Pagaralam Lanju Andi, pihaknya telah menangani puluhan kasus penyalahgunaan narkotika di Wilayah Kota Pagaralam, dan salah satunya Kasus Penangkapan TSK Sigit CS yang bekerjasama dengan Kepolisian Polda Sumsel.

“Selain melakukan pemberantasan, BNN Kota Pagaralam juga telah melakukan pencegahan dengan melakukan kegiatan rakor, asistensi, intervensi, monev, serta informasi dan edukasi yang melibatkan Rt & Rw dk tingakat Kelurahan, orang tua, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan Organisasi,” ucap Andi.

Andi Kurniawan menjelaskan, di tahun 2023 ini juga BNNK kota Pagaralam telah melaksanakan program kelurahan “Bersinar. yang melibatkan instansi pemerintahan, lingkungan swasta, lingkungan masyarakat, dan lingkungan pendidikan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika, BNNK Kota Pagaralam telah gencar melakukan tes urine baik dilingkungan instansi pemerintah, Partikal, Swasta, dan lingkungan pendidikan dengan sampel puluhan orang.

Dalam keterangannya, BNNK Kota Pagaralam juga telah membentuk Tim pemburu Rehabilitasi di 5 Kecamatan dan 35 Kelurahan tahun 2023 s/d 2028.

“Mengingat Kota Pagaralam berdasarkan perhitungan Indek Ketahanan Diri (Diktari) Pagaralam Tergolong Katagori Sangat Tinggi Skor 55,24 dan Indek Ketahanan Keluarga Terhadap Penyalahgunaan Narkoba katagori Nilai tinggi mencapai 81,339,” terangnya.

Selain program P4GN, pemberantasan, BNKK Pagaralam juga terus berupaya berusaha melakukan pemulihan/rehabilitas bagi pecandu dan penyalahguna narkotika.

Sampai bulan Desember 2023, BNNK Kota Pagaralam dalam Capaian Target Rehabilitasi Rawat Jalan target 20 orang capaian 26 orang, skrining lapangan intervensi target 5 orang capaian 6 orang.

“Untuk pasien pasca Rehab target 15 orang dan intervensi berbasis masyarakat target 10 tercapai. diharapkan mantan penyalahguna narkotika dapat kembali hidup di tengah-tengah masyarakat secara normatif, produktif, dan dapat berfungsi secara sosial, serta menekan angka prevalensi penyalahguna narkotika secara signifikan di tahun mendatang,” pungkasnya. (09-PA)