Scroll untuk baca artikel
BeritaMurataraMusi RawasPalembangSumsel

Polda Sumsel Berhasil Ungkap Jaringan Kurir Sabu Antar Provinsi

1
×

Polda Sumsel Berhasil Ungkap Jaringan Kurir Sabu Antar Provinsi

Sebarkan artikel ini

Palembang – Kurir Narkoba anatar provinsi berhasil diamankan oleh Satnarkoba Polda Sumatera Selatan pada (23/9/2023) di jalan Lintas Sorolangun – Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara.Kabupaten Muratara.

Dalam penangkapan tersebut berhasil diamankan tersangka bernama Jonathan Julius, Dicky Prayogi, Hakim Hasibuan, dan Farizal. Mereka ditangkap dengan barang bukti berupa 2.108 gram sabu, 4.010 butir ekstasi, 1 buah mobil, dan ponsel.

Selanjutnya pada tanggal 21 September 2023 di jalan Segaran lorong Kebangkang, kecamatan IT.III Palembang. Kembali menangkap kurir sabu yang dipekerjakan untuk mengantar barang kepada pembeli. Dalam operasi ini, polisi berhasil menyita sekitar 1.050 gram narkoba jenis sabu.

Dua kelompok komplotan tersebut berhasil diungkap oleh Ditresnarkoba Polda Sumsel, yang menjalankan operasi penangkapan terpisah. Tiga tersangka pertama, yaitu Deden Setiawan, Andi, dan Andrean, berhasil ditangkap

Menurut pengakuan tersangka Dicky Prayogi, salah satu tersangka dari kelompok kedua, mereka hanya dipekerjakan untuk mengantar barang dari Medan ke Sumatera Selatan dengan imbalan uang sebesar Rp25 juta untuk tiga orang.

Mereka nebgaky tidak memiliki pengetahuan mendalam tentang jaringan narkoba tersebut dan hanya menjalankan perintah dari bandar di Medan, ungkapnya.

Wadir Resnarkoba Polda Sumsel, AKBP Harris Sandi, juga mengungkapkan bahwa beberapa orang dari dua kelompok tersebut masih dalam pengejaran petugas, termasuk bandar dan penerima barang baik di Palembang, Musi Rawas, maupun Medan. “Mereka dijerat dengan Pasal 114 Undang-Undang No 35 tahun 2009 tentang Narkotika yang mengancam hukuman penjara hingga 20 tahun, seumur hidup, atau bahkan hukuman mati,” jelasnya.

“Kita masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku, mudah-mudahan semua bisa kita tangkap dan kita ungkap,” sambungnya.

Operasi penangkapan ini menunjukkan komitmen Ditresnarkoba Polda Sumsel dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.

Keberhasilan ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada para pelaku narkoba dan menjaga keamanan masyarakat dari bahaya narkotika dalam keterangan pressnya, Rabu (11/10/2023). (ril)