Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Pelayanan JKN Semakin Mudah dan Memuaskan

3
×

Pelayanan JKN Semakin Mudah dan Memuaskan

Sebarkan artikel ini
Narasumber : Ferri Irawan

BERITAPRESS, PALEMBANG (16/01) | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus meningkatkan pelayanan kepada pesertanya. Berbagai kemudahan untuk akses pelayanan Kesehatan Peserta Program JKN terus dikembangkan.

Ferri Irawan (42 tahun), peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari segmen peserta penerima upah mengaku bahwa Program JKN telah memberikan banyak manfaat baginya dalam mengakses layanan di fasilitas kesehatan. Dirinya yang kini bekerja di salah satu Perusahaan di Kota Palembang itu merasa senang karena Program JKN telah menjamin penuh biaya persalinan yang dijalani istrinya.

“Ini merupakan persalinan istri saya yang ke-4, Alhamdulillah proses persalinannya cepat, dilayanani dengan baik tanpa ada perbedaan. Dengan menggunakan kartu JKN kami mendapatkan berbagai kemudahan untuk proses persalinan yang dilakukan secara operasi Secsio Caesaria (SC) yang dilakukan di Rumah Sakit YK Madira, dari konsultasi di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar, kontrol kehamilan di rumah sakit, sampai proses persalinan ini, semua prosedurnya sangat dimudahkan. Rumah sakit juga membantu mengurus semua persyaratan, termasuk persyaratan pendaftaran Program JKN untuk anak ke-empat kami ini,” ungkapnya.

Ia menceritakan juga tentang dua persalinan istrinya terdahulu yang juga menggunakan JKN, alhamdulillah pelayanan JKN sekarang jauh lebih baik dan memuaskan. Menggunakan JKN sangat mudah, cepat dan setara apalagi dengan menggunakan Aplikasi Mobile JKN semua dapt dijangkau cukup dengan satu genggaman, tambah Ferri.

“Saya terdaftar menjadi peserta JKN sejak tahun 2016, telah banyak manfaat yang saya rasakan atas kehadiran Program JKN ini apalagi dengan adanya digitalisasi teknologi yang semakin mempermudah layanan dalam mengakses Program JKN baik pindah faskes hingga akses layanan dengan antrean online pendaftaran di Fasilitas Kesehatan,” ujar Ferri.

Ferri juga mengungkapkan ras terima kasihnya, berkat Program JKN ini akses layanan kesehatan dari pengobatan biasa hingga operasi SC yang dilakukan istrinya mendapatkan pelayanan yang baik tanpa ada biaya yang saya keluarkan sepeserpun,” ucap Ferri yang menceritakan dengan senyum semringah.

Senada Ferri, Eka yang merupakan istri tercinta pun mengatakan, bahwa ia mendapatkan pelayanan yang sangat baik di Fasilitas Kesehatan pada saat ia kontrol kehamilannya, tidak ada perbedaan antara pasien BPJS Kesehatan dengan pasien umum lainnya. Untuk itu Eka, yang seorang ibu rumah tangga sangat beruntung dan bersyukur telah terdaftar dalam program JKN.

“Sama saja pelayanan yang diberikan di fasilitas Kesehatan, saya juga sampai tidak tahu, mana yang menggunakan kartu JKN dengan yang tidak menggunakan kartu JKN, karena kami dilayani semua, tanpa ada perbedaan. Saya bersyukur sekali punya kartu JKN, dengan adanya kartu ini membuat saya dan suami merasa tenang saat jatuh sakit dan harus berobat ke rumah sakit,” kata Eka.

Eka berharap, agar Program JKN yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini dapat lebih berkembang ke masyarakat luas, apalagi yang kurang mampu, dan untuk pelayanan yang sudah sangat baik agar terus dapat dipertahankan sehingga menjadi ladang amal tersendiri bagi BPJS Kesehatan.

“Tidak perlu memikirkan biaya persalinan dan obat-obatan di Rumah Sakit ini. Saya merasa senang, tenang, dan Alhamdulillah juga sudah menjadi peserta JKN sejak tahun 2016 dan juga pembayaran preminya sudah dibayarkan melalui pemotongan gaji suami setiap bulannya.

Semoga BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat sehingga kami tidak perlu merasa ragu apalagi takut untuk menggunakan kartu JKN karena saya sudah membuktikannya pelayanan BPJS Kesehatan mudah, cepat dan setara,” pungkas Eka. (**)