Scroll untuk baca artikel
TNI-Polri

Sinergitas Polres OKU Timur dan Insan Pers Juara 1 Lomba Foto Jurnalistik

0
×

Sinergitas Polres OKU Timur dan Insan Pers Juara 1 Lomba Foto Jurnalistik

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG |  Dalam rangkaian Hari Pers Nasional tanggal 6 Februari 2023 di Medan, Sumeks.co bekerjasama Polda Sumatera Selatan dan PWI Sumsel menggelar lomba foto Jurnalistik dengan tema Polisi yang Humanis dan Bersinergi dengan Insan Pers.

Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan Dr H Firdaus Komar, MSi, mengatakan pers saat ini tantangannya berbeda. Pada saat di zaman penjajahan tantangan pada waktu itu adalah revolusi kondisi fisik.

“Tujuannya hanya satu yakni bagaimana mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” jelasnya saat membuka lomba foto jurnalistik, Kamis (23/2/2023) di Hotel Grand Inna Daira Palembang.

Menurutnya sekarang ini tantangannya adalah revolusi industri.

“Tantangan saat ini adalah form digital dan bagaimana kita menghadapi tantangan yang ada saat ini,” bebernya.

Firdaus Komar yang baru meraih Gelar Doktor Administrasi Publik (DAP) FISIP Universitas Sriwijaya (Unsri) iini menambahkan, bahwa perubahan itulah yang menjadi acuan perubahan pers itu sendiri.

“PWI Sumsel sangat mengapresiasi Polda Sumsel atas lomba foto jurnalistik ini,” lanjutnya.

Menurutnya, lomba foto yang di gelar sumek.co dengan tema Polisi yang Humanis, artinya relevansi bahwa ini merupakan sinergi kepolisian dengan pers.

“Kegiatan ini luar biasa untuk mengapresiasi bidang fotografi, dan diharapkan kedepan lebih ditingkatkan lagi cakupannya,” harapnya.

Ia menambahkan, dalam rangkaian momentum Hari Pers Nasional kerjasama dengan Polda Sumsel ini kita harapkan di instansi lainnya juga bisa memberikan kontribusi.

“Karena pers ini merupakan satu pilar yang sangat penting bagi pembangunan,” tutupnya.

Sementara mewakili Kabid Humas Polda Sumsel, Kompol Andem Dewi, Kaur Anev Subdit PID Bidang Humas Polda Sumsel menjelaskan, lomba ini adalah salah satu kegiatan positif bahwa Provinsi Sumatera Selatan itu aman.

Andem Dewi menjelaskan dengan pemberitaan positif sehingga dapat mempublikasikan pemberitaan positif bahwa Sumsel itu aman. “Bagi orang yang ingin berkunjung, berwisata maupun berinvestasi dan ingin yang bersekolah bahwa di Sumsel itu aman,” tegasnya.

“Ini adalah sinergi Polri dan media massa yaitu sumeks.co terkhususnya PWI, kami sangat mengapresiasi dengan kegiatan tentang kamtibmas,” tutupnya.

Sementara, Direktur sumeks.co, H Mahmud didampingi Pemred sumeks.co Dwitri Kartini, mengatakan bahwa lomba foto jurnalistik merupakan bagian dari peringatan Hari Pers Nasional ke-77.

Menurutnya lomba foto ini bukan resolusi yang dinilai melainkan tema dan sisi humanis.

“Sisi humanis Polisi dalam melaksanakan kerjanya melayani masyarakat. Karena yang dinilai momennya saja bukan kualitas foto,” terangnya.

Ia menambahkan, mudah mudahan tahun depan kegiatan seperti ini akan lebih semarak lagi, bisa juga ada lomba olahraga atau lomba tulis.

Dari penilaian juri untuk pemenang Lomba Foto Jurnalistik dari sisi Humanis Polisi dan masyarakat adalah : Terbaik 1, Sinergitas Polres OKU Timur dan Insan Pers (wartawan Radar Palembang), Terbaik 2, Atur Lalu Lintas di jalan banjir (Fotogfrafer Sriwijaya Post), Terbaik 3, Vaksinasi di Sungai Musi (Fotografer Sumatera Ekspres), Terbaik 4, Aiptu Muhtasor menjelaskan rambu lalu lintas (Palembang Ekspres), Terbaik 5, Aipda Wendi Irawan sedang melakukan terapi pengobatan kepada warga (sumeks.co), Terbaik 6, Polisi membantu warga menyeberangi jalan yang banjir (Sumatera Today). (as)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *