Scroll untuk baca artikel
Palembang

RMKE Hibahkan Lahan TPU Kepada Pemerintah Kota Palembang

10
×

RMKE Hibahkan Lahan TPU Kepada Pemerintah Kota Palembang

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | PT RMK Energy Tbk [RMKE] menyerahkan hibah tanah kepada Pemerintah Kota Palembang yang diperuntukan sebagai lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk Warga RT 025 dan RT 026 RW 004 Kelurahan Pulokerto Kecamatan Gandus Kotamadya Palembang pada Rabu, 17 Januari 2024. PT RMK Energy Tbk menyerahkan Lahan TPU seluas 453 m2 beserta kelengkapan surat dan segala dokumen kepada Pemerintah Kota Palembang.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Manajemen PT RMK Energy Tbk yang diwakilkan oleh General Manager RMKE Yombi Wikso Gautama kepada PJ Walikota Palembang yang diwakili oleh Asisten III Drs. H. Alex Ferdinandus, M.Si. didampingi oleh Kepala BPKAD A. Surakhman S,Kom . MM. Acara penyerahan ini juga dihadiri oleh Kadin Perkimtan, Hartono Adhi Hanura, Camat Gandus, Jufriansyah S.STP., M.Si., Lurah Pulokerto, Amrullah, S.H., Kapolsek APK Irwan Sidik dan Ketua LSM IKSOWDUS Julianto.

General Manager PT RMK Energy Tbk, Yombi Wikso Gautama mengatakan bahwa bantuan lahan TPU ini merupakan bentuk komitmen perusahaan terhadap kebutuhan masyarakat RT 025 dan RT 026 Kecamatan Gandus khususnya bidang infrastruktur dan sosial. Inisiasi program ini merupakan lanjutan dari komunikasi antara Perusahaan dengan ketua RT 025 dan RT 026 yang menyampaikan adanya kebutuhan untuk lahan pemakaman.

Ketua RT 025 Kecamatan Gandus, Mardi mengatakan bahwa ketika ada kedukaan,ada yang meninggal dunia, masyarakat mengeluarkan banyak biaya mulai dari proses pengantaran jenazah ke lokasi TPU, proses menyebrang sungai, biaya gali dan tutup lubang, namun yang paling penting yaitu biaya untuk liang lahat.

“Saat ada keluarga jenazah dengan taraf ekonomi lemah, maka tentu akan kesulitan menyiapkan dana untuk kebutuhan tersebut. Adanya lahan TPU dari PT RMKE ini akan meringankan biaya liang lahat yang bisa mencapai 3 juta sendiri,” kata Mardi.

Dengan adanya bantuan ini setidaknya Perusahaan dapat meringankan beban keluarga yang ditinggalkan karena dapat memangkas biaya proses pemakaman yang cukup mahal apalagi untuk masyarakat dengan taraf ekonomi lemah.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan langsung oleh Asisten III Drs. H. Alex Ferdinandus, M.Si., PJ Walikota memberikan apresiasi dan penghargaan kepada manajemen PT RMK Energy Tb katas penyerahan lahan TPU yang menjadi salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) RMKE.

“Terima kasih kepada PT RMK Energy atas lahan TPU yang diberikan kepada masyarakat. Kami, Pemerintah Kota Palembang berharap PT RMK Energy semakin maju dan seiring perkembangannya, penyaluran program CSR-nya dapat ditingkatkan sehingga penerima manfaat di Kota Palembang semakin luas,” kata Alex.

Camat Gandus Jufriansyah, S.STP. M.Si. dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada PT RMK Energy.

“Program ini sangat berdampak langsung bagi kebutuhan dasar masyarakat yang kesulitan dalam mengakses Taman Pemakaman Umum karena tingginya harga lahan. Dan semoga ini menjadi ladang Amal Dunia akhirat dan berkah bagi perusahaan,” tambah Jufriansyah.

Program ini merupakan rangkaian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) RMKE untuk masyarakat RT025 dan RT 026 Kecamatan Gandus.

Sebelumnya, RMKE juga melakukan pembangunan Gazebo Masjid Al-Ikhwan, menjalankan program pemeriksaan kesehatan Pojok Gizi, program pendidikan melalui kelas motivasi siswa MENTARI (Mengajar dan Menata ala RMK Energy) dan program lainnya.

Ke depannya Perusahaan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur serta aktivitas sosial dan budaya yang berkelanjutan di masyarakat lingkar operasional RMKE. (ril)