Scroll untuk baca artikel
PagaralamPolitik

Revitalisasi Pasar dan Pengembangan UMKM, Program ALAF untuk Pagaralam yang Lebih Sejahtera

×

Revitalisasi Pasar dan Pengembangan UMKM, Program ALAF untuk Pagaralam yang Lebih Sejahtera

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PAGARALAM | Pasangan calon H. Alpian Maskoni dan Alfikriansyah (ALAF) mengusung program yang langsung dirasakan oleh masyarakat Kota Pagaralam. Visi mereka, yaitu keberlangsungan keindahan ekonomi, akan diwujudkan melalui revitalisasi pasar modern sesuai keinginan para pedagang.

Revitalisasi ini bukan dilakukan dengan pembongkaran atau perombakan total, melainkan peningkatan guna mendorong perputaran roda ekonomi yang lebih baik. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat, baik pedagang maupun pembeli, dalam melakukan transaksi.

“Revitalisasi pasar ini akan diiringi dengan pembinaan pedagang dan UMKM,” jelas Kak Pian.

Pada periode pertama kepemimpinannya, Kak Pian memang memberikan perhatian besar kepada para pedagang dan pelaku UMKM.

Ia memberikan bantuan peralatan bagi industri kecil serta meluncurkan program subsidi kredit usaha rakyat (KUR). Program subsidi ini memungkinkan pelaku UMKM mendapatkan pinjaman modal dari perbankan dengan bunga nol persen.

Pagaralam sendiri memiliki banyak pasar tradisional. Beberapa pasar berlangsung harian, seperti di dekat Terminal Nendagung, Kecamatan Pagaralam Selatan. Ada juga pasar yang berlangsung seminggu sekali, yang disebut dengan “kalangan”. Misalnya, kalangan di Dusun Bumi Agung, Kelurahan Bumi Agung, Kecamatan Dempo Utara, yang digelar setiap Kamis.

Selain itu, kalangan di Dusun Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan, digelar setiap Rabu, dan kalangan di Dusun Kerinjing, Kelurahan Agung Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, digelar setiap Senin. Pasar-pasar ini selalu ramai, dengan pedagang berasal dari warga setempat maupun luar daerah. (09/PA)