Scroll untuk baca artikel
BanyuasinBeritaMigasSumsel

PT Pertamina Gas (Pertagas) Gelar Sosialisasi Keadaan Darurat

0
×

PT Pertamina Gas (Pertagas) Gelar Sosialisasi Keadaan Darurat

Sebarkan artikel ini

Banyuasin | PT Pertamina Gas (Pertagas) gelar Sosialisasi Keadaan Darurat dan Pelatihan Kebencanaan sebagai bekal masyarakat dalam menghadapi bencana kebakaran bertempat di kantor Desa Langkan Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan. Selasa (26/9/2023).

Sosialisasi ini merupakan program Corporrate Sosial Responsibillity (CSR) Pertagas Operation Central Sumatera Area (OCSA).

Kegiatan ini juga sebagai langkah antisipasi terhadap terjadinya bencana kebakaran, Pertagas membekali kemampuan masyarakat untuk menjadi respon tanggap darurat bencana dan melakukan penanganan awal apabila terjadi bencana.

Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi yakni sesi materi dan sesi simulasi.

Sesi materi merupakan sesi pemaparan materi seperti kebakaran pipa minyak dan bagaimana tindakan awal yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

Sedangkan sesi simulasi yaitu sesi dimana masyarakat diajak untuk melakukan penanganan awal terhadap korban serta penanganan darurat seperti pemadaman api ringan ketika terjadi kebakaran.

Head of External Relation Operation West Region PT Pertamina Gas, Diana Santi menuturkan kegiatan sosialisasi keadaan darurat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman masyarakat tentang adanya potensi bahaya yang dapat terjadi di sepanjang jalur pipa.

“Sedangkan kegiatan pelatihan first aid dan pemadaman kebakaran ringan diharapkan dapat menjadi dasar pemahaman masyarakat untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan maupun kebakaran ringan yang mungkin terjadi di lingkungan mereka,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pertagas menyerahkan bantuan berupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Alat Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).(rillis/ay)