Scroll untuk baca artikel
Politik

Tekan Biaya ONH, Bangun Wisma Khusus Jemaah Haji Indonesia

0
×

Tekan Biaya ONH, Bangun Wisma Khusus Jemaah Haji Indonesia

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG – Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan usulan baru biaya haji 2024 menjadi Rp94,3 juta. Angka ini turun dibandingkan usulan sebelumnya yang berada di angka Rp105 juta.

Capres nomor 03 Ganjar Pranowo menyoroti usulan Kemenag tersebut, bahkan dirinya berencana akan menekan biaya Ongkos Naik Haji (ONH) tersebut dengan cara membangun wisma haji khusus jemaah Indonesia di Kota Mekkah.

Wacana Capres 03 Ganjar tersebut disambut baik oleh imam masjid Jamiul Khoirot Kertapati Palembang, Ustadz Setu Abu Hasan, spontan dirinya mendokan niat baik Capres dan Cawapres 03 tersebut.

“Alhamdulillah saya mendukung capres Ganjar Pranowo mendirikan hotel atau wisma haji khusus jemaah Indonesia di mekkah, saya mendoakan Ganjar menjadi Presiden tahun 2024,” ujarnya.

Dirinya menilai, dengan adanya hotel haji khusus jemaah Indonesia di Mekkah ONH akan turun, hal itu untuk mempermudahkan rakyat Indonesia untuk berangkat haji.

“Alhamdulillah Pak Ganjar dapat jadi Presiden dan saya sangat-sangat mendoakan atas kejadian Ganjar jadi presiden nanti,” tambahnya.

Terpisah, Ketua Tim Pemenangan Daerah (TPD) Sumsel Ganjar-Mahfud, Yahya Maya Sakti kagum dengan doa dan dukungan imam masjid tersebut, walaupun mereka baru mengetahui wacana tersebut.

“Kalau melihat statement imam masjid tersebut ternyata imam masjid itu baru tahu bahwa Ganjar Mahfud sudah punya niat ukhrowi, memang lebih dikedepankan, karena itu adalah pelayanan haji terbaik untuk umat yang dilakukan oleh negara,” katanya.

“Itu luar biasa, jadi masyarakat ini baru tahu bahwa Ganjar punya statement seperti itu dan kita harus mewujudkan juga agar ONH bisa turun biar masyarakat tahu bahwa ini programnya Ganjar,” tambahnya.

Yahya berujar, program Ganjar itu selalu dimunculkan dalam setiap kali pembicaraannya kepada para relawan dan masyarakat. Tujuannya agar masyarakat antusias mengetahui program ini, karena melihat tingginya harga ONH.

Dirinya juga berharap, dengan mendirikan hotel haji khusus masyarakat Indonesia di Mekkah bisa mendapatkan keep tip market yang betul-betul bagus dan dikembalikan dalam bentuk subsidi, sehingga ONH akan turun bisa Rp50 juta.

“Ini selalu kita sampaikan kepada relawan dan relawan menyampaikan kepada masyarakat, ternyata masyarakat yang ada niat untuk berangkat haji kaget ada seorang presiden yang mau memikirkan tentang haji, ONH turun mungkin saja antrian lebih sedikit tahunnya, kalau Sumsel paling lama 20 tahun. Saya berharap ketika ada bisnis, manfaat yang dimasukkan dalam subsidi pemerintah yang menghasilkan subsidi yang luar biasa,” terangnya. (*)