Scroll untuk baca artikel
TNI-Polri

Sultan Iskandar Hadiri Karya Bakti Penanaman Pohon TNI AD

0
×

Sultan Iskandar Hadiri Karya Bakti Penanaman Pohon TNI AD

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, Palembang Darussalam turut hadir dalam kegiatan karya bakti yang dilaksanakan Pangdam II/Sriwijaya. Acara tersebut berlangsung di Kolam Retensi, jalan Seduduk Putih I Pipa Reja, Palembang, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke-78 tahun 2023, Kamis (14/12/2023).

Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin memberikan ucapan selamat kepada Pangdam II/Sriwijaya atas kesuksesan dan kelancaran kegiatan karya bakti, yang melibatkan 300 orang termasuk tokoh militer, pejabat pemerintah, dan perwakilan masyarakat.

Rangkaian kegiatan dimulai ketika kurang lebih 300 orang berkumpul di lokasi, termasuk para tokoh militer, pejabat pemerintah, dan perwakilan masyarakat. Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil, Kapoksahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI, Norman Saito, dan Danrem 044/Gapo Brigjen TNI, M Tohi turut menghadiri acara tersebut.

Sebelumnya, pada pukul 09.20 WIB, para peserta menyaksikan video karya bakti TNI bersama masyarakat, menunjukkan sinergi dalam menjaga kebersihan lingkungan. Pukul 09.30 WIB, Pangdam II/Swj memberikan sambutan yang memaparkan tujuan kegiatan, mengajak para hadirin untuk bersama-sama merenungi perjuangan yang telah dilakukan oleh TNI AD.

Dalam sambutannya, Sultan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mengapresiasi terhadap hari Juang TNI AD dimana dilakukan penanaman pohon secara serentak di seluruh jajaran TNI AD yang diperintahkan langsung oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam temanya TNI AD bersama rakyat bersatu dengan alam untuk NKRI.

“Dalam hal ini penanaman pohon tersebut sangat dibutuhkan sekali dimana salah satu rangkaian untuk menangkal dari global warming (pemanasan bumi) dimana lapisan ozon apabila tidak segera ditangani akan semakin meluas sehingga suhu bumi akan semakin panas dan gletzer di Kutub Utara dan Kutub Selatan akan mencair, sehingga akan menaikkan air laut di permukaan bumi yang menyebabkan banyaknya pulau yang akan tenggelam,” ucapnya.

Sultan menambahkan, kegiatan yang dilakukan TNI AD tersebut akan sangat berdampak luar biasa kedepannya untuk mencegah global warming demi kemaslahatan umat manusia.

Dalam suasana yang penuh semangat, KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memimpin video conference mulai pukul 09.40 WIB. Melalui layar, KASAD memberikan pengarahan, menyampaikan apresiasi terhadap karya bakti yang dilakukan, dan menyemangati semangat kebersamaan untuk bersatu dengan alam demi NKRI.

“Saya sudah mempunyai ide dari dulu untuk membersihkan sampah di pantai, gunung dak selokan, apalagi sekarang musim hujan. Tema kita hari ini TNI Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam. menumbuhkan perekonomian dari sampah saja bisa jadi rupiah. Saya yakin kehidupan kita kedepan bisa membawa perubahan maka dari itu kita harus semangat dalam melaksanakan kegiatan pekerjaan harus ikhlas dan kita buktikan bahwa diseluruh Indonesia,” tegas KASAD.

Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, do’a, penayangan video selayang pandang dari Kodam XIV/Hasanudin, dan sambutan dari Bupati Bantai. Kegiatan mencapai puncaknya dengan penyerahan sembako dan bantuan sosial, foto bersama, dan penanaman pohon secara simbolis.

Diakhir acara Pangdam II/Swj bersama para tamu yang hadir memberikan tali asih penyerahan sembako dan bantuan sosial kepada para veteran, Warakawuri dan anak yatim dan ditutup dengan penanaman pohon secara simbolis di wilayah tersebut. (MR)