Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

SMAN Plus 17 Siap Pertahankan Prestasi Masuk Sekolah Kedinasan dan PTN

3
×

SMAN Plus 17 Siap Pertahankan Prestasi Masuk Sekolah Kedinasan dan PTN

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Sebentar lagi kelas 12 akan melaksanakan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ). Dimana pada tahun ajaran lalu disebut dengan Ujian Satuan Pendidikan (USP). Tak hanya itu saja sekolah juga akan menyiapkan para siswanya untuk mendapatkan nilai pada ujian masuk ke sekolah kedinasan.

“Kita secara penuh memberikan soal kepada siswa. Sehingga siswa memiliki kemampuan terbaiknya dalam mengahadapi ujian ASAJ. Tak hanya sampai disitu siswa juga akan dilatih untuk menghadapi ujian masuk sekolah kedinasan. Sehingga siswa kita memiliki kemampuan yang terbaik dalam pelaksanaan ujian nanti,” jelas guru SMAN 17 Palembang Lia Nalurita, M.Pd. dan Dra. Hj. Sri Lestari Andayani, M.Si. saat ditanyai Kamis (15/2/2024).

Ia melanjutkan, pada akhir bulan Januari lalu. Semua siswa sudah menyelesaikan kurikulum yang ada. Maka pada akhir Januari para siswa sudah melakukan beberapa kegiatan tryout, serta melakukan serangkaian pembahasan-pembahasan soal-soal ujian baik itu untuk ujian ASAJ maupun ujian untuk masuk sekolah kedinasan dan PTN yang diinginkan oleh para siswa itu sendiri.

“Dalam hal tryout pihak sekolah sudah menjalin kerjasama dengan dua bimbel ternama di Kota ini. Kerjasama itu hanya untuk pelaksanaan ujian tryout saja. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran semua dilakukan oleh pihak sekolah. Tentu saja kerjasama dalam hal tryout ini yang berkenan dengan kriteria yang ada dari pihak sekolah kami,” ulasnya.

Untuk pelaksanaan ujian nanti dilakukan dengan metode CAT. Sedangkan untuk kegiatan tryout secara online dan offline. Sejauh ini sudah lima kali dilaksanakan tryout dan nantinya akan sampai enam kali. Sebab di Kelas XII awal maret ini mengikuti ujian PAS, sedangkan tanggal 18 Maret pelaksanaan SAJ.

“Kita berharap para siswa mendapatkan nilai terbaik serta dapat membawah ilmunya dalam melanjutkan pendidikan kelak,” harap dia.

Dalam ujian untuk masuk sekolah kedinasan dan PTN pilihan sendiri. Para siswa sudah diberikan arahan oleh pihak guru BK disekolah. Siswa nanti diarahkan oleh guru dalam memilih tempat kuliah nanti. Jika perlu maka para orang tua juga akan ikut diberikan arahan oleh pihak sekolah dalam menentukan kelanjutan jenjang pendidikan siswa tersebut nantinya.

“Kita pada tiap tahunnya mendapatkan prestasi yang cukup baik dalam penerimaan siswa disekolah kedinasan maupun PTN. Untuk sekolah kedinasan Akpol siswa kita sebanyak 6 orang masuk di dalamnya. Untuk sekolah kedinasan seperti IPDN dan lainnya siswa kita berhasil masuk di dalamnya. Serta pada tahun ajaran lalu siswa kita sebanyak satu kelas berhasil masuk jurusan Fakultas Kedokteran Unsri. Serta semua siswa di angkatan tahun lalu masuk ke dalam PTN bergengsi baik di Sumatera maupun pulau Jawa. Kami berharap tahun ini prestasi ini bisa ditingkatkan setidaknya tetap di pertahankan,”harapnya. (Adi).