Scroll untuk baca artikel
Sastra

Lomba Baca Puisi dan Dulmuluk, Hadiahnya Jutaan Rupiah

0
×

Lomba Baca Puisi dan Dulmuluk, Hadiahnya Jutaan Rupiah

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Ketersentuhan hati untuk membantu masyarakat yang dilanda penderitaan harus datang dari hati nurani sendiri.

Penyair dan pengacara kondang M Aminudin SH MH, mengatakan nilai terbaik untuk membantu sesama kita selalu muncul dari hati terdalam.

“Ketika ada warga yang tertimpa musibah, misalnya dilanda kebakaran, hati saya langsung terketuk untuk membantu mereka,” ujar Aminudin yang akrab disapa Amin Tras kepada awak media ini, Senin (11/9/2023).

Menurut dia, membantu sesiapa itu tak harus disaat sedang tampil sebagai calon anggota dewan, calon walikota, atau gubernur. “Kalau ada yang sedang dalam kesusahan, kita harus tampil di depan,” ujarnya.

Seperti terjadinya musibah kebakaran di Lorong Terusan Kelurahan 3/4 Ulu pada Rabu (30/8/2023) lalu, kata Amin Tras, tanpa mempertimbangkan apapun, ia langsung turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan sembako dan baju layak pakai.

“Dengan kehadiran kita di lokasi kebakaran, para warga yang terkena musibah itu merasa diperhatikan kita,” timpalnya.

Bagi Amin Trast, saling memberi antarsesama itu tak harus memiliki harta yang berlimpah. Di saat ada musibah datang di satu tempat, Amin Trast langsung terjun ke lapangan untuk memantau dan membantu sesuai kemampuannya.

Kelak, apabila warga memberi kepercayaan untuk menjadi tokoh di kursi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Jakarta 2024 nanti, Amin Trast akan meningkatkan daya bantunya bagi masyarakat Sumatera Selatan, terutama untuk masyarakat di wilayah Kota Palembang.

Lomba Dulmuluk

Sementara itu, ketika disinggung tentang penyelenggaraan lomba pentas Dulmuluk terkait Hari Sumpah Penuda dan Hari Pahlawan 10 November 2023 nanti, Amin Trast menyatakan siap.

“Iya, kita sudah mempersiapkan penyelenggaraan lomba baca puisi dan lomba Dulmuluk,” kata penyair yang juga pengacara tersebut.

Namun Amin Trast mengatakan bahwa sebelum kedua momen tersebut, digelar, pihaknya akan menyelenggarakan lomba jalan santai Sumpah Pemuda yang dimulai dari start posko pengacara Aminuddin Transt di Jalan Bungaran.

Pokoknya, kata Amin Trast, lomba baca puisi dilaksanakan pada September di bulan Sumpah Pemuda, sedangkan lomba Dulmuluk akan digelar pada 10 November 2023.

Amin berharap agar masyarakat dapat segera mendaftar secara gratis. Artinya tidak dipungut biaya sepeser pun. Hadiahnya? ” Wuih, hadiahnya puluhan juta rupiah,” jelas Amin Trast.

Rencana penyelenggaraan lomba Dulmuluk bakal dilaksanakan di Gedung Kesenian Palembang, atau kalau dulu disebut sebagai gedung Balai Pertemuan.

Menurut Amin Trast, baca puisi itu digelar secara nasional. Artinya, pembaca puisi dari luar daerah boleh ikut dalam kegiatan itu. Sebab, tambah Amin, selain tak dipungut biaya penfaftaran, hadiah yang diberikan berupa uang itu nilainya jutaan rupiah.

Selain pembaca puisi dari dalam Kota Palembang mengikuti lomba secara langsung dalam konteks penjurian langsung, peserta dari luar kota boleh mengirim hasil baca puisinya melalui video.

“Tapi bagi peserta dari Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin yang terdekat dengan Kota Palembang, alangkah baiknya ikut langsung saja,” kata Amin. (AN)