Scroll untuk baca artikel
Palembang

 88 Calon Petugas Haji 2023 Lanjut Tes Tahap Kedua

4
×

 88 Calon Petugas Haji 2023 Lanjut Tes Tahap Kedua

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG-Sebanyak 88 peserta seleksi calon petugas haji yang dinyatakan lulus tahap 1, mengikuti tahap kedua tingkat provinsi yang dilaksanakan di Pusat Informasi Haji (PIH) Palembang, Selasa (31/01/2023).

Pada tahap kedua ini mereka akan kembali diuji kompetensinya melalui CAT dan Wawancara. Adapun hasil seleksi tahap kedua ini, untuk petugas kloter akan diumumkan Rabu (1/2/2023).

88 calon peserta tersebut terdiri dari 32 Ketua Kloter, 32 Pembimbing Ibadah, 10 Akomodasi, 4 Transportasi, 2 Siskohat, dan 2 Bimbingan Ibadah. Peserta Seleksi Kompetensi Haji Tahap 2 akan mengikuti Tes dengan Sistem CAT kali kedua, Baca Tulis Al Quran, Tes Wawancara. Bagi yang lulus seleksi tahap 2 akan diberikan pembekalan lebih lanjut terkait pelayanan pada jemaah haji sebelum benar-benar menjadi petugas haji.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan dalam sambutannya mengatakan rekrutmen calon petugas haji dilaksanakan dengan seprofesional mungkin dengan menggunakan sistem CAT serta diawasi langsung oleh tim Ispektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kakanwil berharap melalui kegiatan ini dapat terseleksi petugas yang betul-betul profesional dan dapat memberikan pelayanan dan kenyamanan para jamaah dalam melaksanakan ibadah haji nantinya. Dimulai dari proses pemberangkatan, perjalanan, pelaksanaan ibadah hingga jamaah kembali ke tanah air.

Ia juga menyampaikan Kementerian Agama RI ingin memastikan petugas haji yang akan datang, di samping memenuhi syarat kriteria yang ditentukan Juknis, juga memenuhi kompetensi yang diharapkan baik itu ketua kloter maupun pembimbing ibadah dan ini merupakan langkah dalam proses penyelenggaraan haji untuk mendapatkan petugas yang profesional, loyal, dan memiliki komitmen dalam membantu dan membina jamaah.

“Upaya peningkatan layanan terhadap jamaah akan terus dilakukan oleh kementerian agama. Salah satunya seleksi ketat dalam menjaring calon petugas yang handal, profesional, dan berintegritas,” ujar Syafitri.

Pada kesempatan yang sama kepala bidang penyelenggaraan haji dan umroh H. Armet Dachil menambahkan untuk hasil dari seleksi petugas hari ini dan besok untuk petugas kloter. Sementara untuk petugas non kloter atau PPIH Arab Saudi, hasilnya akan disampaikan ke pusat untuk diusulkan menjadi petugas.

“Adapun usai tes Kompetensi lanjutan melalui CAT dan Wawancara hari ini, akan diumumkan besok untuk petugas kloter, sementara petugas non kloter akan diumumkan oleh pusat,” tambah Armet.

Perlu diketahui, pola CAT merupakan inovasi dari pelaksanaan seleksi. Keunggulan CAT, selain menghemat anggaran negara juga peserta tidak repot lagi untuk melingkari lembar jawaban di samping dapat mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil seleksi. Semua itu merupakan upaya dalam rangka menciptakan standarisasi seleksi dan mewujudkan sistem yang transparan, objektif dan akuntabel.(Adi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *