Scroll untuk baca artikel
Palembang

KUA Ilir Timur Satu, Maksimalkan Tugas Volunteer “Sehati”

0
×

KUA Ilir Timur Satu, Maksimalkan Tugas Volunteer “Sehati”

Sebarkan artikel ini
PEMASANGAN ID CARD - Salah satu Volunteer diberi ID Card yang didampingi Kepala KUA Ilir Timur Satu, Palembang, H Zulfikar Ali Fajri, S. Ag, M. Si (baju batik), foto bersama usai menyerahkan Surat Tugas (ST) kepada salah satu volunteer Sertifikasi Halal Gratis (Sehati), pada acara pembekalan dan pembagian surat tugas volunteer Sehati, di Masjid Hijratul Umum, Kelurahan Sei Pangeran, Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang, Sabtu (12 Juli 2023) Foto: Dok.KUA IT-1/zaf

PALEMBANG |  Kantor Urusan Agama (KUA) Ilir Timur Satu, Palembang menggelar pembekalan dan pembagian surat tugas volunteer (relawan) Sertifikat Halal Gratis (Sehati), di Masjid Hijratul Umum, Kelurahan Sei Pangeran, Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang, Sabtu, (12 Juli 20203).

Kepala KUA Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang, H Zulfikar Ali Fajri, S. Ag, M. Si mengatakan, pembagian surat tugas kepada 40 volunteer ini, sebagai tindaklanjut dari sosialisasi sertifikasi produk halal dan pembentukan volunteer bagi ormas Islam se-Kecamatan Ilir Timur Satu Palembang, yang sudah dilaksanakan sebelumnya pada hari Ahad, (30 Juli 2023).

Lebih lanjut, alumnus Jurusan Dakwah Fakultas Ushuluddin IAIN Raden Fatah Palembang tahun 1996 ini mengharapkan, melalui pembekalan ini para volunteer akan memahami tugas dan tanggungjawabnya serta dapat maksimal dalam melakukan sosialisasi program sehati.

“Dalam menjalankan tugasnya, para volunteer dibekali kartu identitas (ID Card) dan surat tugas dari Kepala KUA Kecamatan Ilir Timur Satu. Harapannya kita akan memaksimalkan sebanyak mungkin pelaku usaha yang ada dapat memperoleh sertifikat halal gratis di Kecamatan Ilir Timur Satu,” tegasnya.

Zulfikar menambahkan, puluhan volunteer yang terlibat dalam program ini, merupakan utusan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam se-Kecamatan Ilir Timur Satu, terdiri dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Muslimat, ‘Aisyiyah, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Forum Koordinasi Majelis Ta’lim (FKMT), Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan Forum Komunikasi Taman Pendidikan Al-Qur’an (FKTPQ).

Pada kesempatan ini, pembekalan disampaikan oleh M. Nur, S.Ag dan Ade Terri, A.Md, Pendamping Proses Produk Halal (P3H) KUA Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang.

Materi yang disampaikan, tugas volunteer yang berkewajiban melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pelaku usaha mikro dan kecil. Tujuannya, untuk mencapat target program 1 juta Sehati tahun 2023.

“Jika ada pelaku usaha yang bersedia, volunteer diminta mengisi form data dan kemudian diserahkan ke P3H untuk proses selanjutnya sampai terbitnya sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI,” tegasnya.

Menyikapi program itu, Camat Ilir Timur Satu yang diwakili Drs. Arpani, M.Si, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial (Kasi Kessos) mengatakan, pihaknya menyambut baik atas inisiatif dan terobosan dari KUA Kecamatan Ilir Timur Satu tentang program volunteer ini.

“Mudah-mudahan, target yang diharapkan dapat tercapai. Pihak kecamatan mendukung sepenuhnya dan siap berkoordinasi untuk kegiatan keagamaan dan kemasyaratan lainnya yang diprogramkan Kepala KUA Kecamatan Ilir Timur satu,” tegasnya.

Pada acara itu hadir juga, Ahmad Sadeli, S.Ag, Ketua Pengurus Masjid Hijratul Umum Kelurahan Sei Pangeran, Kecamatan Ilir Timur Satu, Palembang dan tokoh masyarakat setempat lainnya.

TEKS / FOTO : KUA IT-1/ZAF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *