BERITAPRESS.ID, PALEMBANG | PT PLN (Persero) terus meningkatkan kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk memastikan perjalanan mudik Lebaran 2025 semakin lancar dan nyaman bagi pengguna kendaraan listrik.
Dalam rangka memastikan kesiapan infrastruktur ini, Direktur Retail & Niaga PT PLN (Persero), Ibu Edi Srimulyanti, didampingi oleh EVP Retail Daniel Lestanto serta jajaran manajemen PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB), melakukan inspeksi langsung ke beberapa titik SPKLU strategis di Palembang dan jalur Tol Sumatera.
60 Lokasi SPKLU Siap Layani Pemudik
PLN UID S2JB kini telah mengoperasikan 60 lokasi SPKLU di wilayah Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu dengan rincian:
– 34 SPKLU di Sumatera Selatan
– 17 SPKLU di Jambi
– 9 SPKLU di Bengkulu
– 7 SPKLU berada di Rest Area Tol
Inspeksi dimulai dari SPKLU Bandara SMB II Palembang, kemudian dilanjutkan ke SPKLU Demang Lebar Daun, serta Rest Area Tol 56A dan 56B. General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, memastikan bahwa seluruh 73 mesin SPKLU di 60 lokasi telah beroperasi penuh, siap mendukung perjalanan pemudik di tiga provinsi tersebut.
“SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik ini adalah bukti bahwa PLN sangat siap mendukung peralihan pemudik dari kendaraan berbasis energi fosil ke energi listrik,” ujar Adhi, sENIN (3/3/2025).
SPKLU Hadir di Jalur Strategis Tol Trans Sumatera
PLN memastikan ketersediaan SPKLU di titik-titik strategis sepanjang Tol Trans Sumatera, terutama di jalur utama mudik seperti:
– Terpeka Rest Area KM 306
– Terpeka Rest Area KM 311
– Terpeka Rest Area KM 269B
– Terpeka Rest Area KM 277A
– Keramasan Rest Area KM 360B
– Payaraman Rest Area KM 56A
– Payaraman Rest Area KM 56B
“PLN berkomitmen untuk selalu memberikan layanan terbaik bagi pengguna kendaraan listrik, terutama selama periode mudik Lebaran. Kami memastikan infrastruktur SPKLU dalam kondisi optimal agar masyarakat dapat bepergian dengan nyaman dan aman,” tambah Edi Srimulyanti.
PLN Mobile Permudah Perjalanan Pemudik Listrik
Bagi masyarakat yang ingin mudik dengan kendaraan listrik, PLN telah menyiapkan fitur Trip Planner di aplikasi PLN Mobile.
🔹 Trip Planner membantu pemudik merencanakan perjalanan dengan rute yang dilengkapi rekomendasi titik-titik SPKLU.
🔹 Fitur hotline SPKLU di PLN Mobile versi terbaru memungkinkan pelanggan langsung terhubung ke customer service SPKLU via WhatsApp.
🔹 Layanan SPKLU juga dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 dan WhatsApp 08-777-11-12-123.
Dengan kesiapan infrastruktur ini, pemudik pengguna kendaraan listrik tak perlu khawatir kehabisan daya di tengah perjalanan. PLN siap menemani perjalanan mudik Lebaran dengan lebih ramah lingkungan, nyaman, dan efisien!