Scroll untuk baca artikel
PalembangPendidikan

Youth of Indonesia Festival, FKPT Targetkan Anak Muda Agen Pencegahan Radikalisme

5
×

Youth of Indonesia Festival, FKPT Targetkan Anak Muda Agen Pencegahan Radikalisme

Sebarkan artikel ini
Festival Budaya ‘Youth of Indonesia Festival’ pencegahan Radikalisme dan Terorisme.

BERITAPRESS, PALEMBANG | Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar kegiatan Festival Budaya ‘Youth of Indonesia Festival’ dengan menargetkan anak-anak muda sebagai agen pencegahan Radikalisme dan Terorisme.

Kegiatan Budaya ‘Youth of Indonesia Festival’ ini mengangkat tema Muda Muda Mandiri Berkarya untuk Negeri yang dilaksanakan di Ballroom Universitas IBA, Palembang, Sumatera Selatan pada Kamis, 20 Juni 2024.

Ketua FKPT Sumsel, Ahmad Romi Afriansyah M Ag mengatakan bahwa kegiatan Festival Budaya ini merupakan kegiatan bidang pemuda yang memang menargetkan generasi muda sebagai agen perubahan juga pencegahan radikalisme dan terorisme.

“Kegiatan bidang pemuda FKPT Sumsel dengan tema Youth of Indonesia Festival tentu ini targetnya adalah untuk generasi muda seperti kaum milenial, gen z, pelajat dan mahasiswa yang bisa jadi agen perubahan juga pencegahan dari radikalisme terorisme,” kata Romi, Kamis (20/6/2024).

Kegiatan festival seperti ini ternyata merupakan kegiatan rutin bidang pemuda yang sudah berjalan melalui pagelaran seni budaya mulai dari tari, puisi, bernyanyi, pantun dan lain sebagainya.

Tentunya dengan adanya kegiatan bidang pemuda ini bisa menjadi upaya pencegahan radikalisme dan terorisme melalui FKPT Sumsel.

“Target dalam kompetensi ini adalah pelajar dan mahasiswa, karena salah satu kelompok orang yang rentan terpapar paham radikal terorisme adalah kelompok generasi muda,” ujarnya.

Romi Afriansyah juga menambahkan pada kegiatan festival kali ini antusias anak muda juga cukup tinggi dibandingkan pada kegiatan sebelumnya yang lebih mengarah ke festival band.

“Antusiasmenya cukup tinggi dan akan  terus berjalan terutama dikalangan anak muda,” tukasnya.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya mempromosikan keberagaman budaya Indonesia dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perdamaian dan toleransi di kalangan generasi muda,” sambungnya.

Dirinya berharap dengan adanya festival budaya yang gelar FKPT ini, akan bisa menjdi salah satu upaya dalam membentengi anak muda yang terbilang sangat rentan terhadap pengaruh paham-paham radikalisme dan terorisme.

“Harapannya ya dengan adanya kegiatan ini, targetnya generasi muda harus menjadi agen pencegahan radikalisme dan terorisme,” tutupnya.

Kegiatan Festival Budaya ‘Youth of Indonesia Festival’ ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan, Irwan yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan para peserta,

Tiap-tiap peserta yang tampil akan dinilai langsung oleh dewan Juri diantaranya Yuyun Arfah juri dari Pusat, Kiki Kirana dari Daerah dan Rahmi Anisa dari FKPT.

Adapun total peserta Lomba Youth Of Indonesia Festival “Muda Mandiri Berkarya Untuk Negeri” Bidang Pemuda dan Pendidikan, diikuti oleh anak muda mulai dari tingkat sekolah SMP, SMA, dan Mahasiswa Se-Sumatera Selatan berjumlah 15 Peserta lomba.

Zaki Musthofa Ramadhan dan Ikhsan Prayoga, Santri MA Pondok Pesantren Muqimus Sunnah sebagai Juara 1 Festival Youth Of Indonesia, Melalui FKPT Sumatera Selatan–

  1. Peserta lomba Vocal Solo berjumlah 4 peserta.
  2. Peserta Lomba Tari Tradisional berjumlah 2 Tim.
  3. Peserta Lomba Kreasi Pantun berjumlah 2 tim.
  4. Peserta Lomba Puisi berjumlah 6 peserta.
  5. Peserta Lomba Musikalisasi Puisi 1 tim.

Dari 5 kategori lomba yang berlangsun, peserta yang masuk dalam tiga besar atau yang dinyatakan menang diantaranya sbeagai berikut.

– Juara 1 Ikhsan dan Zaki pada kategori Grup Kreasi Pantun

– Juara 2 Tara Diva pada kategori Penyanyi Solo

– Juara 3 Novaliza pada kategori Solo Vocal

Turut hadir dalam kegiatan Festival Budaya ‘Youth of Indonesia Festival’ Ketua FKPT Sumatera Selatan Ahmad Romi Afriansyah M Ag, Wakil Rektor 3 Universitas IBA Robi Shabar ST MT, Satgaswil Densus 88 Sumsel Marsan, Kasi Pengawasan Barang BNPT RI Faizal Yan Aulia dan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan Irwan. (*)