Scroll untuk baca artikel
Bogor

Wakil Dekan III UIKA Bogor, Dr Yono Jelaskan Tema Kufur Ekologi Dalam Isi Khutbah Jumat

×

Wakil Dekan III UIKA Bogor, Dr Yono Jelaskan Tema Kufur Ekologi Dalam Isi Khutbah Jumat

Sebarkan artikel ini
Dr Yono sampaikan isi khutbah jumat yang tak biasa kepada jamaah. (Foto : Erwin Gunawan)
Reporter : Erwin Gunawan

BERITAPRESS, BOGOR | Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, Dr Yono menyampaikan isi khutbah jumat yang tak biasa yakni dengan tema Kufur Ekologi pada Jumat, 2 Agustus 2024 di Masjid Al Hijri, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Dalam isi khutbahnya, Dr Yono menekankan pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari ketakwaan kepada Allah SWT.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada para jamaah terkait kualitas seorang hamba di hadapan Allah SWT tidak diukur dari harta, jabatan, keturunan, melainkan dari beberapa tinggi ketakwaannya.

“Kualitas manusia di hadapan Allah tidak semata diukur dengan seberapa banyak hartanya, seberapa tinggi jabatannya, seberapa besar pengaruhnya, tetapi dengan seberapa tinggi ketakwaannya kepada Allah SWT,” ujar Dr Yono kepada Beritapress.id dalam isi khutbahnya.

Tema khutbah yang disampaikan dengan penuh keyakinan tersebut mengajak jamaah untuk merenungkan dampak buruk dari perlikaku manusia yang tidak bertanggung jawab.

Menurutnya, perusakan lingkungan adalah bentuk dari kufur ekologi yang sama sekali tidak boleh diremehkan.

“Menjaga lingkungan adalah kewajiban kita semua, yang dimasukkan ke dalam ruh dari syariah itu sendiri,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dr Yono dalam isi khutbahnya meminta kepada para jamaah untuk senantiasa melestarikan lingkungan karena apabila dirusak akan sangat fatal bagi alam.

“Khotib meminta mengajak kepada jamaah untuk mencintai lingkungan, menjaga serta melestarikan lingkungan,” tutupnya dengan penuh harap.