Scroll untuk baca artikel
Migas

Survei Seismik 3D Diharapkan Mampu Berdampak Baik Untuk Muba

×

Survei Seismik 3D Diharapkan Mampu Berdampak Baik Untuk Muba

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, MUBA | PJ Bupati Musi Banyuasin yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya membuka rencana program kerja Survei Seismik 3D di wilayah Rebonjaro dan lapangan sumpal WK Corridor, di Ruang Rapat Serasan Sekate Sekretariat Daerah Kabupaten Muba, Selasa (27/08/2024).

Dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sangat mendukung pelaksanaan Survei Seismik 3D ini yang dimana kegiatan ini dilaksanakan untuk mencari cadangan migas dibawah bumi menggunakan gelombang secara akurat dan efisien. Hal ini di latar belakangi untuk mengurangi jumlah impor minyak dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus meningkat.

“Yang paling penting adalah bagaimana memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan masyarakat serta hal ini juga akan menciptakan pergerakan ekonomi di wilayah tersebut,” ujarnya.

Disamping itu ia berpesan kepada pihak terkait untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkannya dari kegiatan tersebut, baik dari sisi lingkungan maupun terhadap masyarakat sekitar.

“Sosialisasinya itu harus merata kepada semua warga terutama yang terdampak akan merasakan getaran dan merasakan perubahan siklus lingkungan,” tegas Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba.

Ia juga berharap kegiatan tersebut mampu menyerap tenaga kerja lokal. “Kami minta masyarakat sekitar diberdayakan sesuai kemampuan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Syafei Syafri, SH berharap dukungan sepenuhnya dari pemerintah dan masyarakat terkait pada kelancaran kegiatan survei seismic tersebut untuk mendukung ketahanan energi nasional.

“Kami akan terus mengawasi dan memonitor perkembangan seismik 3D melalui Pt.Medco ataupun laporan dari stakeholder maupun masyarakat,” ujarnya.

Survei seismik merupakan salah satu kegiatan eksplorasi minyak dan gas yang menggunakan metode pemanfaatan perambatan gelombang dibawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dipasang diatas permukaan tanah. Dengan metode seismic 3D ini pencitraan yang di lakukan pada bawah permukaan kan menghasilkan gambar lebih baik dan sangat informatif yang akan mempermudah menginterpretasikan hasil seismic,

Dikatakannya Survei Seismik memiliki banyak manfaat baik bagi negara, pemerintah daerah, masyarakat dan perusahaan. Bagi negara survei seismik ini dilakukan untuk meningkatkan potensi cadangan migas nasional, meningkatkan produktivitas apabila dilakukan pengeboran, dan meningkatkan pendapatan negara sektor migas.

Turut hadir dalam kesempatan ini diantaranya, Asisten II Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum, para Kepala OPD Kab. Muba serta kepala perangkat daerah Muba terkait. (ril)