Scroll untuk baca artikel
Lahat

Sosialisasi Implementasi Inpres No. 2 Tahun 2021 di Lahat: Optimalkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

×

Sosialisasi Implementasi Inpres No. 2 Tahun 2021 di Lahat: Optimalkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, LAHAT | Bertempat di Gedung Pertemuan Kabupaten Lahat, acara sosialisasi Implementasi Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pelaku usaha di Kabupaten Lahat diselenggarakan pada hari ini, Selasa (13/08/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat, Chandra, S.H., M.M., Kajari Lahat, Asisten II, Asisten III, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lahat, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Lahat, M. Irwan Naser Nawawi, serta para peserta yang terdiri dari pelaku usaha di Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lahat, Yahya Edwar, S.E., M.Si., dalam laporannya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta, baik dari kalangan tenaga kerja ASN maupun swasta, serta untuk membentuk jaringan sosial di bidang ketenagakerjaan. “Peserta dari kegiatan ini berasal dari pelaku usaha, baik PT maupun CV, di Kabupaten Lahat dengan jumlah 120 orang,” ujarnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Lahat, Toto Rudianto, S.H., M.H., dalam sambutannya menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan sosialisasi ini. Ia menekankan bahwa program BPJS Ketenagakerjaan memiliki banyak manfaat yang penting bagi pekerja di Indonesia dan sudah diatur dalam undang-undang sebagai bentuk perlindungan sosial.

Pj. Bupati Lahat, Imam Pasli, yang diwakili oleh Sekda Lahat, Chandra, S.H., M.M., dalam arahannya mengharapkan agar sosialisasi ini dapat memperdalam pemahaman para pelaku usaha tentang manfaat program BPJS Ketenagakerjaan. Ia menambahkan bahwa program ini merupakan wujud dari kewajiban negara dalam memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat, khususnya tenaga kerja di Kabupaten Lahat. “Semoga sosialisasi ini akan memberikan dampak positif dalam melindungi dan memberikan manfaat bagi para tenaga kerja di Kabupaten Lahat,” tegasnya.

Sonny Alonsye, S.H., M.H., Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Muara Enim, yang turut hadir, menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para pelaku usaha mengenai program-program BPJS Ketenagakerjaan beserta manfaatnya. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini, para peserta atau pelaku usaha akan lebih memahami program-program BPJS Ketenagakerjaan dan manfaatnya,” tutupnya.

Acara sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi pelaku usaha di Kabupaten Lahat dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik bagi tenaga kerja di wilayah tersebut.

Reporter : Sigi