Scroll untuk baca artikel
Ogan Ilir

Rian-Farhan, Ketua OSIS SMAN 1 Pemulutan 2023-2024

0
×

Rian-Farhan, Ketua OSIS SMAN 1 Pemulutan 2023-2024

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, OGAN ILIR | Membangun generasi muda yang jujur, berani, dan tangkas berorganisasi, harus dilakukan dengan berbagai cara, satu di antaranya mengadakan pemilihan ketua OSIS (Pilketos) secara demokratis.

Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Pemulutan Hj Nandra SPd, mengatakan bahwa para siswanya telah belajar berdemokrasi.

“Semoga momen ini mampu mengajarkan siswa untuk bersikap jujur, adil, sportif, dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban selama menjadi pengurus OSIS masa bakti 2023-2024,” ujar Hj Nandra didampingi SPd MM (bidang kesiswaan), dan pembina OSIS Zubairi SE, Senin (11/9/2023).

Kepala SMAN 1 Pemulutan tersebut memgucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas terselenggaranya pemilihan ketua OSIS tersebut.

Hj Nandra juga berharap, para pengurus OSIS mampu mengemban tugasnya secara maksimal untuk memajukan sekolahnya. Sebab dengan belajar berorganisasi secara demokratis, diharapkan mampu membangun generasi yang religius, cerdas, mandiri, dan peduli lingkungan.

Menurut dia, pembelajaran itu sekaligus juga akan membina peserta didik mampu menjalankan nilai-nilai demokrasi secara baik.

“Setidaknya peserta didik menjadi tahu tentang cara memahami pemilihan umum yang benar. Selamat untuk siswa Rian dan Farhan atas terpilihnya menjadi ketua OSIS SMA Negeri 1 Pemulutan. Semoga dapat bertanggung jawab di dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Hj Nandra.

Sementara sebelumnya, pemiihan ketua OSIS SMA Negeri 1 Pemulutan itu berjalan sesuai yanh diharapkan. Sebab, meski pemilihan ketua OSIS berjalan sesuai jadwal, namun proses belajar mengajar tetap berjalan, sembari para siswa menyalurkan hak pilihnya.

Keempat pasangan peserta adalah Rian-Farhan dan Keycia-Mawlia (pasangan satu dan kedua). Sedangkan pasangan ketiga adalah Helda dan Sita serta pasangan keempat Nopan dan Diki.

Tampaknya, dalam acara itu para guru dan staf SMAN 1 Pemulutan tampak bersemangat hingga ke pukul 11.30. Sedangkan acara pemilihan ketua OSIS dimulai dari pukul 8.00 Wib. Setelah pemilihan usai, dilanjutkan dengan rekapitulasi suara.

Dari hasil perhitungan suara, dari 464 pemilih, diperoleh 373 suara sah, 45 pemilih tidak sah, dan 91 suara tidak memanfaatkan suaranya.

Sementara pasangan nomor satu memperoleh 120 suara, pasangan kedua 109, pasangan tiga 82 suara, dan pasangan keempat memperoleh 62 suara.

Dengan hasil tersebut, pasangan nomor satu Rian dan Farhan terpilih sebagai ketua OSIS SMA Negeri 1 Pemulutan Ogan Ilir masa bakti 2023-2024. (*)

Laporan Anto Narasoma