Scroll untuk baca artikel
LahatTNI-Polri

Polres Lahat Kawal dan Amankan Aksi Ribuan Massa dari Lintas Partai dan Ormas

22
×

Polres Lahat Kawal dan Amankan Aksi Ribuan Massa dari Lintas Partai dan Ormas

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, LAHAT | Pada Kamis, 8 Agustus 2024, Polres Lahat, di bawah komando Kapolres Lahat, AKBP God Parlasro S. Sinaga, SH., SIK., MH., melalui Kabag Ops Polres Lahat, AKP Idham Haris, SH., didampingi oleh Kapolsek Kota Lahat, AKP Edy Surisno, memimpin pengamanan aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh ribuan massa dari berbagai partai politik dan organisasi masyarakat (ormas) di Kabupaten Lahat.

Sebanyak 300 personel gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan dikerahkan untuk menjaga ketertiban selama aksi yang melibatkan sekitar 2.500 orang. Massa berkumpul di Gedung Kesenian Lahat sebelum bergerak menuju Kantor KPUD dan Kantor Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat.

Aksi ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap gejala konflik kepentingan terkait penyelenggaraan Pemilu sebelumnya dan Pilkada yang akan datang di Kabupaten Lahat. Masyarakat yang tergabung dalam aksi ini menyoroti dugaan kecurangan dalam perekrutan penyelenggara Pemilu di semua tingkatan, mulai dari kabupaten hingga desa. Mereka juga menuduh adanya mobilisasi warga dari luar Kabupaten Lahat yang dijadikan petugas Pemilu, serta dugaan suap dalam proses rekrutmen panitia pemungutan suara di tingkat kecamatan.

Massa menuntut Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) untuk mencopot anggota KPU dan Bawaslu Kabupaten Lahat yang diduga tidak netral. Mereka juga meminta DPRD Kabupaten Lahat untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) guna memeriksa kinerja penyelenggara Pemilu dan Bawaslu, serta menjadi pelapor kepada DKPP jika ditemukan pelanggaran hukum.

Setelah berorasi di depan Kantor KPUD dan Kantor Pemda Lahat, massa akhirnya membubarkan diri dengan tertib, di bawah pengawalan ketat dari personel Polres Lahat. Aksi ini ditutup dengan peringatan keras kepada pihak Pemda dan DKPP agar segera menindaklanjuti tuntutan mereka, dengan ancaman akan melakukan aksi yang lebih besar jika tuntutan tidak dipenuhi.

Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat, Aiptu Lispono, SH., menegaskan bahwa pengamanan aksi ini berjalan dengan baik dan kondusif, serta tanpa adanya insiden yang mengganggu keamanan dan ketertiban di Kabupaten Lahat.

Reporter : Sigi