Scroll untuk baca artikel
TNI-Polri

Polres Lahat Bimtek Pelatihan Penyelidikan dan Penyidikan Tindak Pidana Pilkada

7
×

Polres Lahat Bimtek Pelatihan Penyelidikan dan Penyidikan Tindak Pidana Pilkada

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, LAHAT | Pada hari Rabu, 14 Agustus 2024, Polres Lahat menggelar pelatihan penyelidikan dan penyidikan tindak pidana Pilkada di Aula Polres Lahat. Kegiatan ini dibuka oleh Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH, didampingi Kasat Reskrim Iptu Redho Rizki Pratama S.Tr.K.SIK.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan personel dalam menangani kasus tindak pidana Pilkada. Peserta pelatihan terdiri dari seluruh Kanit Res, Kanit Intel, serta dua personel dari masing-masing Polsek jajaran dan personel Reskrim Polres Lahat yang terseleksi.

Peserta bimtek meliputi seluruh Kanit Res, Kanit Intel, serta dua personel dari masing-masing Polsek jajaran dan personel Reskrim Polres Lahat yang terseleksi. Instruktur atau narasumber berasal dari internal Satreskrim dan eksternal, meliputi KPU, Bawaslu, Kominfo, serta Kejaksaan.

Kapolres dalam arahannya menjelaskan bahwa pelatihan ini dilakukan untuk menyamakan pemahaman dan pandangan terkait teknis dan tata cara penyelesaian tindak pidana Pilkada. Penanganan dugaan pelanggaran dan tindak pidana Pilkada dibatasi oleh waktu, dan setiap penyidik akan mendapatkan informasi yang sama mengenai penanganannya. Pelatihan ini sangat penting untuk mengasah kemampuan penyidik dalam menangani tindak pidana Pilkada.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh peserta untuk memperhatikan dan memahami setiap materi yang disampaikan oleh narasumber dan instruktur. Selain penegakan hukum dalam Pilkada, Polres Lahat juga telah menyiapkan langkah-langkah pencegahan dan antisipasi terhadap berbagai kemungkinan gangguan keamanan sebagai upaya pencegahan sejak dini.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, personel dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam penyidikan.

Reporter : Sigi