Scroll untuk baca artikel
BisnisPLN

PLN UID S2JB Gelar Apel Bulan K3 Nasional 2025, Tekankan Keselamatan Kerja sebagai Prioritas Utama

×

PLN UID S2JB Gelar Apel Bulan K3 Nasional 2025, Tekankan Keselamatan Kerja sebagai Prioritas Utama

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) menggelar apel peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2025, yang diikuti oleh ratusan pegawai serta tenaga alih daya di Palembang.

Mengusung tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk Meningkatkan Produktivitas”, kegiatan ini menegaskan komitmen PLN UID S2JB dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Drs. H. Edward Candra, M.H., yang juga Plt. Kepala Dinas ESDM Sumsel, bertindak sebagai pembina apel. Dalam sambutannya, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk terus bersinergi dalam memperkuat budaya K3.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mendukung penerapan K3, dan mengajak para stakeholder bersinergi untuk memperkuat kemandirian berbudaya K3. Kami mengapresiasi PLN UID S2JB yang terus berkomitmen memastikan keselamatan kerja bagi pegawainya demi mendukung pelayanan kelistrikan yang andal dan berkualitas,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Manager K3L & Keamanan PLN UID S2JB, MHD Arham Ginting, menekankan bahwa disiplin dalam menerapkan standar keselamatan adalah kunci utama dalam mencegah kecelakaan kerja.

“Implementasi budaya K3 bukan hanya sekadar kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga bagian dari tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menegaskan pentingnya K3 sebagai budaya kerja yang harus diterapkan secara konsisten.

“Keselamatan dan kesehatan kerja adalah prioritas utama kami. Dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan menerapkan Sistem Manajemen K3 secara disiplin, kami yakin dapat mencapai produktivitas optimal sekaligus memastikan kesejahteraan seluruh pegawai,” ujar Adhi.

Selain apel, rangkaian peringatan Bulan K3 Nasional di PLN UID S2JB juga mencakup berbagai kompetisi terkait K3, seperti cerdas cermat pelayanan teknik, lomba video edukasi K3, dan lomba ketangkasan satpam. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kompetensi pegawai serta mitra kerja dalam menerapkan budaya K3 di setiap aspek pekerjaan di PLN. (Mira)