Scroll untuk baca artikel
NASIONAL

Peradin Rayakan HUT Ke-60: Dedikasi Enam Dekade dalam Penegakan Hukum

×

Peradin Rayakan HUT Ke-60: Dedikasi Enam Dekade dalam Penegakan Hukum

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, CIREBON | Ketua Badan Pengurus Wilayah (BPW) Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) Sumatera Selatan (Sumsel), AKBP (P) Adv. BRM Aritonang, SH, MH, didampingi Bendahara Umum BPW Peradin Sumsel Mgs. Rusli Alwi, SE dan Wakil Sekretaris Adv.Rizal Aprian Syarif,SH beserta jajaran menghadiri acara HUT Peradin Ke 60, bertempat di Hotel Horison Tirta Sanita Kuningan, Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Badan Pengurus Cabang (BPC) Peradin Cirebon, yang dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Acara, M.Iskandar Siregar SH. Berlangsung selama 2 hari, Jum’at dan Sabtu, (6-7 September 2024)

Turut Hadir, Ketua Umum (Ketum) Badan Pengurus Pusat (BPP) Peradin. Assoc. Prof. Firman Wijaya SH MH, didampingi Sekretaris Jendral (Sekjen) BPP Peradin, Dr. Hendrik Eddy Purnomo, SH, MH, ACIArb, Dewan Pembina Anita Kolopaking, SH, MH beserta jajaran, BPW Banten, BPW Jabar, BPW Jatim, BPW DKI Jakarta, BPW Sumsel, BPW Lampung dan BPW Kaltim.

Ketua BPW Peradin Sumsel BRM Aritonang didampingi Ketua BPC Kota Palembang, BPC OI dan BPC Lahat mengatakan, pada HUT Peradin yang ke 60 tahun ini istimewa, menandakan enam dekade dedikasi dan pengabdian dalam dunia advokasi, ini merupakan momen bersejarah.

“Perayaan HUT Peradin tahun ini harus lebih bermakna, peradilan semoga tetap mengingat perjuangan dalam mewujudkan keadilan. Ini harus menjadi tujuan nyata dalam urusan pengadilan dengan doa, harapan dan perjuangan,” ujar Aritonang disela acara.

Pantauan Wartawan, suasana hangat dan penuh kebersamaan terasa kental saat acara dimulai, jumat malam, pukul 19.30 wib di aula gedung Hotel Horison Tirta Sanita, yang dibuka langsung oleh Ketum BPP Peradin Pusat.

Dalam sambutan, Ketua Panitia Pelaksana HUT 60 Peradin, M.Iskandar Siregar SH, MH, mengucapkan terima kasih kepada BPW Peradin yang telah berkesempatan hadir.

“Kami sebagai tuan rumah dan jajaran panitia mengucapkan terima kasih kepada BPP dan BPW Peradin yang telah hadir, walaupun kami tidak bisa memberikan hal yang besar tetapi lewat hal yang kecil ini dari hati kami yang paling dalam ingin mengaspirasikan apa yang sudah dikerjakan dan diberikan untuk Peradin,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPP Peradin pada kesempatan yang sama mengucapkan selamat HUT Peradin ke 60. Dengan semangat yang tidak pernah pudar, Peradin terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan integritas para advokat di tanah air seiring dengan tantangan hukum yang semakin kompleks di era modern ini.

Peradin saat ini telah mendapatkan verifikasi dan terakreditasi. Harapnya Peradin dapat dipercaya utk melahirkan dan menggagas, kemudian mewujudkan produk karya bangsa.

“Kehadiran para Ketua di berbagai wilayah ini semakin mempertegas posisi Peradin sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan hak-hak hukum masyarakat Indonesia, apalagi dimasa transisi kekuasaan saat ini, banyak persoalan keadilan yang harus diperjuangkan. ini merupakan wujud dari pengabdian bagi bangsa indonesia” ucap Ketum.

Tak hanya itu, Ketum juga berharap kepada seluruh Ketua BPW yang hadir untuk terus mengadakan PPA lebih banyak dan lebih mengedepankan program serta meningkatkan kualitas, seperti program Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) dan penyelesaian diluar sidang harus segera diselesaikan dalam memperjuangkan keadilan lewat eksaminasi. “best for the other client”

Kata sambutan Sekjen BPP Peradin, Dr. Hendrik E. Purnomo SH, MH, ACIArb, c.med mengatakan, Peradin menjadi yang pertama di fasilitasi tentang kepercayaan Pemerintah terhadap Peradin, mediasi, konsep tentang Lembaga Bantuan Hukum (LBH) akan membuat tim berhubungan dengan HU dan hak cipta.

“Peradin juga akan meluncurkan berbagai program dan inisiatif baru yang diharapkan dapat semakin memperkuat posisi organisasi ini dalam mendukung penegakan hukum di Indonesia. Dengan semangat baru dan tekad yang kuat, Peradin siap melangkah ke dekade berikutnya, terus menjadi pilar keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Dr Hendrik.

Diakhir acara pelaksanaan kegiatan hari kedua, Sabtu 7 September 2024 menjadi semakin istimewa dengan diadakan senam pagi bersama dan dilanjutkan dengan Fun Game dan Family Gathering yang membuat suasana semakin akrab dan meriah.

Acara ini diakhiri dengan penuh kehangatan, memperkuat ikatan persaudaraan di antara para anggota Peradin yang tetap berpegang teguh pada Profesionalisme dalam menjalankan tugas. (Rach.Harry)