Scroll untuk baca artikel
Lahat

Penyuluhan Dinas TPH Lahat: Optimalisasi Pekarangan untuk Peternakan Berkelanjutan

×

Penyuluhan Dinas TPH Lahat: Optimalisasi Pekarangan untuk Peternakan Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
Penyuluhan Dinas TPH Lahat: Mendorong optimalisasi pekarangan untuk peternakan berkelanjutan! Dengan bimbingan para ahli, masyarakat belajar cara memelihara Ayam KUB dan pentingnya kebersihan kandang.

BERITAPRESS, LAHAT – Kegiatan penyuluhan yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Lahat berlangsung di Gedung Juang pada Rabu, 18 September 2024. Acara ini merupakan bagian dari Program Bakti Kemandirian Masyarakat bersama Kodim 0405/Lahat tahun 2024.

Acara dihadiri oleh Dandim 0405/Lahat, Letkol INF Asis Kamarudin, yang diwakili oleh Perwira Staf Teritorial Lettu. Juliansyah, serta Kabid Penyuluhan Dinas TPH Kabupaten Lahat. Turut hadir juga para personel Babinsa dalam jajaran Kodim 0405/Lahat, warga kelompok tani, dan para undangan.

Santijo, S.P., selaku narasumber dari Dinas TPH, menjelaskan pentingnya menyesuaikan pemeliharaan hewan ternak dengan kondisi pekarangan. “Dalam pemeliharaan hewan ternak, harus ada lahan yang cukup, baik untuk budidaya ikan, ayam, maupun ternak lainnya,” ujarnya.

Ia merekomendasikan untuk skala rumah tangga agar memelihara Ayam KUB (Kampung Unggul Balitbang), yang berasal dari Sumbawa. Ayam ini dapat dipelihara sebagai ayam potong maupun petelur. Keunggulan ayam ini adalah dapat menghasilkan sekitar 169 butir telur per tahun, atau empat periode dalam pemeliharaan. Santijo juga menekankan pentingnya menjaga kebersihan kandang secara berkala untuk mencegah penyakit pada ayam.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang peternakan berkelanjutan dan optimalisasi penggunaan pekarangan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Laporan : Sigi