Scroll untuk baca artikel
Pagaralam

Pemkot Pagaralam Kaji Potensi Galian C

0
×

Pemkot Pagaralam Kaji Potensi Galian C

Sebarkan artikel ini
Pemkot Pagaralam rapat pembahasan kajian perencanaan Penataan Ruang dan Wilayah Kota Pagar Alam atau Kajian Potensi Galian C di Kota Pagar Alam, bertempat di Ruang Rapat Besemah III Setda Kota Pagar Alam pada Kamis (30/11/2023).

BERITAPRESS, PAGARALAM | Pj Walikota Pagar Alam H. Lusapta Yudha Kurnia diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Pagar Alam Dahnial Nasution, pimpin rapat pembahasan kajian perencanaan Penataan Ruang dan Wilayah Kota Pagar Alam atau Kajian Potensi Galian C di Kota Pagar Alam, bertempat di Ruang Rapat Besemah III Setda Kota Pagar Alam, Kamis (30/11/2023).

Potensi galian C di Kota Pagar Alam menurut tim dari Konsultan CV Wahyu Jaya Persada, terdapat 16 titik lokasi yang memiliki potensi pertambangan yang tersebar di tiga kecamatan yang ada di Kota Pagar Alam, yakni 6 titik lokasi di Kecamatan Dempo Utara, 5 titik lokasi di Kecamatan Dempo Tengah serta 5 titik lokasi di Kecamatan Dempo Selatan.

Adapun potensi pertambangan ini, di Kecamatan Dempo Utara berada di wilayah bagian tengah, Kecamatan Dempo Tengah di wilayah bagian tengah dan utara serta Kecamatan Dempo Selatan di wilayah bagian tengah dan utara, dengan potensi pertambangan batuan jenis pasir, batu kerikil, batu bahan dasar bangunan, batu pecah, pasir urug dan tanah urug.

Selain itu, potensi pertambangan di wilayah Kota Pagar Alam ini juga sesuai dengan kondisi fisik dasar dengan topografi dominan di ketinggian 500 – 1500 meter dan kemiringan lereng dominan 5-15%, sementara untuk jenis tanah, letak geologi, hidrologi dan klimatologi Kota Pagar Alam memiliki potensi Bahan Galian Batuan (Galian C). (09-PA)