Scroll untuk baca artikel
PALI

Pemkab PALI Kick Off Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029

5
×

Pemkab PALI Kick Off Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALI | Pemerintah Kabupaten PALI, melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), memulai langkah strategis dengan menggelar Kick Off Penyusunan Rancangan Teknokratik RPJMD 2025-2029, Rabu (10/7/2024).

Acara yang bertempat di Guest House Bupati PALI, Komperta Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, dibuka oleh Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, mewakili Bupati H. Heri Amalindo.

Hadir dalam acara ini, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten PALI serta narasumber berkompeten seperti Mahardika Mulya Adi Pamungkas, S.Sos., Analis Kebijakan Muda Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri dan Dra. Sri Widayanti, SE MSi, Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Sumsel.

Kepala Bappeda Kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, SP MM, menjelaskan bahwa dasar hukum pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Serta berbagai regulasi lainnya termasuk Instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2024 tentang Pedoman Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah tahun 2025-2045.

Jhoni menegaskan bahwa Kick Off ini merupakan tanda dimulainya proses penyusunan RPJMD 2025-2029.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menerima masukan dan saran terkait potensi dan isu-isu strategis yang nantinya akan disusun dalam RPJMD 2025-2029,” ujarnya.

Rancangan ini juga lanjut Jhoni akan menjadi acuan bagi calon kepala daerah dalam menyusun visi misi menghadapi Pilkada Serentak tahun 2024.
Wakil Bupati Soemarjono mengungkapkan pentingnya kegiatan ini. Menurutnya, rapat ini akan merumuskan program kerja lima tahun ke depan di Kabupaten PALI.

“Rumusan-rumusan inilah yang nantinya akan dijadikan bahan oleh calon kepala daerah dalam menyusun visi dan misi. Oleh karena itu, kehadiran Kepala atau Sekretaris OPD sangat diperlukan,” kata Wabup dengan nada tegas, menyesalkan beberapa OPD yang hanya diwakili oleh staf.

“Melalui penyusunan RPJMD ini, Kabupaten PALI berharap dapat merumuskan program-program yang membawa dampak signifikan dan kemajuan yang berkelanjutan untuk lima tahun mendatang,” tutupnya.

Reporter : Candra