Scroll untuk baca artikel
Lahat

Disdik Lahat Sosialisasi Pelestarian Pengelolaan dan Perlindungan Cagar Budaya

8
×

Disdik Lahat Sosialisasi Pelestarian Pengelolaan dan Perlindungan Cagar Budaya

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Jum’at (07/06/24), Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat gelar Sosialisasi Pelestarian Pengelolaan dan Perlindungan Cagar Budaya, kegiatan berpusat di Hungry Pedia Lahat.

Kegiatan dibuka langsung oleh Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Adrin.,SE.MAP.

Disampaikan Kabid Kebudayaan Kabupaten Lahat Syaihul Azhar.,SE.Mm bahwa, Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa kecintaan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi, melestarikan dan memanfaatkan cagar budaya.

“Pelaksanaan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari (07-08 Juni 2024), bertempat di Hungry Pedia Lahat. Jumlah peserta sebanyak 75 orang berasal dari juru pelihara Cagar Budaya, Pemilik, Pengurus Bangunan dan Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat,” sampainya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat Niel Adrin.,SE.MAP dalam sambutannya mengatakan, Cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya dan kawasan cagar budaya di darat dan di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama melalui proses penetapan,” ungkap Niel sekaligus membuka acara.

Dijelaskannya bahwa, Salah satu tugas pokok Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bidang kebudayaan melaksanakan pembinaan dan pengembangan pelestarian benda-benda cagar budaya baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi pelestarian, pengelolaan dan perlindungan cagar budaya yang dilaksanakan oleh bidang kebudayaan Kabupaten Lahat yang bertujuan untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya di Kabupaten Lahat yang merupakan tanggung jawab kita bersama,” tutup Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lahat itu.

Laporan : Siggy