Scroll untuk baca artikel
Berita

Apel Pengecekan dan Tactical Floor Game Jelang Penetapan Paslon, Kapolres Fakfak Tekankan Pengamanan Tanpa Senpi

×

Apel Pengecekan dan Tactical Floor Game Jelang Penetapan Paslon, Kapolres Fakfak Tekankan Pengamanan Tanpa Senpi

Sebarkan artikel ini

BERITAPREES FAKFAK/Dalam rangka memastikan kesiapan pengamanan untuk Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada dan Pengundian Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2024, Kapolres Fakfak, AKBP Hendriyana, S.E, M.H memimpin langsung Apel Pengecekan dan Tactical Floor Game (TFG). Sabtu, 21/09/2024.

Apel yang dilaksanakan di halaman kantor KPU, Kel. Wagom Utara, Distrik Pariwari, Kabupaten Fakfak ini di hadiri oleh Waka Polres Fakfak Kompol Indro Rizkiadi, S.I.K, Kabag Ops, Kasatgas dan diikuti oleh jajaran personel Polres Fakfak, TNI, dan Komisioner, Sekretaris dan staf KPUD Fakfak.

Apel pengecekan dan Tactical Floor Game ini dilakukan untuk mensimulasikan berbagai skenario yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada, khususnya pada saat penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut dan memastikan seluruh personel siap menghadapi berbagai kemungkinan, sehingga stabilitas keamanan di Fakfak tetap terjaga.

Dalam arahannya Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, S.E, M.H menyampaikan hakikat ancamannya adalah pada saat pengambilan nomor undian kalau paslon membawa jumlah massa yang banyak hakikat ancamannya satu kalau massanya terlalu banyak salah satu terjadi kemacetan yang dapat mengganggu ketertiban lalu lintas kemudian bisa terjadi tawuran antar massa pendukung.

“Saya hadirkan rekan-rekan disini agar mengetahui tugas dan tanggung jawab pada masing masing baik di Ring 1, 2 dan 3 untuk personil pengamanan dalam pelaksanaan tugas tidak ada yang under estimate dan tidak melakukan tindakan diskresi, apabila terjadi sesuatu atau ada yang ingin masuk dengan paksa dapat melaporkan kepada Perwira Pengendali dan dilaporkan ke pimpinan, tugas rekan rekan adalah meniadakan segala bentuk gangguan keamanan serta sasaran orang , tempat dan barang demi tercipta situasi Kamtibmas yang aman, damai dan sejuk” TerangNya.

“Dan saya tekankan kembali dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan tidak ada yang menggunakan senpi dikarenakan yang kita hadapi saat ini bukan musuh tetapi saudara kita yang hadir dalam pelaksanaan tahapan Pemikukada dan pesta demokrasi. ” tegas AKBP Hendiyana.

Selain itu, apel pengecekan juga bertujuan untuk mengevaluasi kesiapan peralatan dan personel di lapangan. Kapolres menyampaikan bahwa seluruh jajaran Polres Fakfak telah siap untuk melaksanakan tugas pengamanan dengan penuh tanggung jawab demi menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi di wilayah Fakfak.

Penetapan Paslon Pilkada dan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Fakfak tahun 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada hari Minggu tanggal 22 September 2024 dan pengundian Nomor urut pada hari Senin tanggal 23 September 2024 dengan harapan proses tersebut dapat berjalan aman dan tertib tanpa adanya gangguan keamanan,(IB).