Scroll untuk baca artikel
Sastra

Amin Tras Gelar Baca Puisi dan Lomba Dulmuluk Tingkat Nasional

2
×

Amin Tras Gelar Baca Puisi dan Lomba Dulmuluk Tingkat Nasional

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Komitmen pengacara kondang M Aminuddin SH bagi pengembangan sastra puisi, akan terus dilakukan.

“Soal sastra puisi, saya sangat komitmen untuk menyelenggarakan lomba. Sebab, dengan cara itu, ada kepuasan tersendiri ketika saat komba terdapat unsur pengembangan nilai-nilai sastra,” ujar Aminuddin SH yang dikenal masyarakat dengan sebutan Amin Tras saat diwawancarai media ini, Sabtu (26/8/2023).

Menurut dia, unsur yang ada di dalam puisi itu mengandung nilai pengajaran adab dan akhlak. Karena itu dalam sejumlah puisi yang ditulisnya, Amin Tras lebih menuturkan sikap relijik dan nilai utama yang disampaikan. Apa itu?

“Yah, persoalan virus corona yang telah banyak “membunuh” orang ketika dijangkiti covid-19. Puisi wajibnya nanti, ada beberapa puisi yang saya tulis. Sedangkan puisi pilihan, boleh membaca puisi siapa saja,” ujar Amin, tersenyum.

Menurut Amin, ketika Allah SWT menguji dengan cara menghadirkan covid-19 dalam kehidupan ini, harusnya virus itu tidak perlu ditakuti. Sebab jika seseorang dilanda ketakutan yang berlebihan, maka daya tahan tubuhnya akan anjlok. “Karena itu mereka langsung terjangkit virus corona dan tewas,” ujarnya.

Maka itu, kata Amin, covid-19 tak perlu ditakuti atau dijauhi. Sebab, tanpa diketahui oleh kita sendiri, sesungguhnya covid-19 hadir di lingkungan manusia. Karena itu, kata Amin Tras, banyaklah beristiqarah dan bermunajat kepada Allah. Sebab, katanya, dengan cara itu, imumitas seseorang akan semakin kuat dan mampu menampik sergapan virus corona.

“Ajal dan kematian adalah takdir. Tiap kita pasti mati. Tak ada manusia yang hidup abadi. Jadi, yang memutuskan kehidupan kita itu bukan covid-19, tapi ajal dari-Nya,” tegas Amin Tras.

Terlepas dari itu semua, kata Amin, setelah sukses menggelar lomba baca puisi pada perayaan 17 Agustusan tahun ini, komitmennya akan menggelar kembali lomba baca puisi, festival dulmuluk, lomba karaoke, jalan santai, serta turnamen gaple.

“Semua kegiatan akan kita gelar tepat pada 28 Oktober 2023 di hari Sumpah Pemuda dan 10 November 2023 Hari Pahlawan. Ini kita gelar secara nasional. Bagi mereka yang ada di luar Sumatera Selatan, boleh memideokan baca puisinya,” kata Amin Tras.

Jika Amin dipercaya masyarakat untuk duduk sebagai wakil rakyat di Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) 2024 nanti, Amin Tras akan menggelar kegiatan itu dalam skala yang kebih besar. Tunggu saja !

“Ini bukan janji. Buktikan saja nanti. Semua itu akan kita wujudkan,” ujar Amin Tras menutup perbindangan. (*)

Laporan Anto Narasoma