Scroll untuk baca artikel
Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Ajak Warga Gemar Makan Ikan Demi Generasi Sehat dan Cerdas 

×

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Ajak Warga Gemar Makan Ikan Demi Generasi Sehat dan Cerdas 

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M.S.E melalui Asisten II Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel Zulkarnain SE.MM secara resmi membuka kegiatan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Provinsi Tahun 2024. Kegiatan ini dipusatkan di Atrium OPI Mall Jakabaring Pelembang, Rabu (11/9/2024) pagi.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan, Asisten II Zulkarnain, Pj Gubernur Elen Setiadi  sangat mengapresiasi seluruh Kader PKK di Provinsi Sumatera Selatan yang telah bekerja keras, penuh dedikasi dan berperan aktif dalam mendukung program pembangunan daerah, terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 ini merupakan momentum penting bagi semua dalam memaknai perannya, karena PKK sebagai mitra pemerintah selama ini mampu mewujudkan peran dan tanggung jawabnya sebagai motivator dan dinamisator di tengah masyarakat untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat.

Lebih jauh dikatakannya, ketahanan pangan dan stunting masih menjadi isu prioritas nasional. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2020, dari 117 negara,  Indonesia termasuk di dalam 17 negara mempunyai masalah terhadap tumbuh kembang yaitu, Stunting (kekerdilan) 31,8%; Wasting (kecerdasan rendah) 12,1% dan Overweight (obesitas) 11,9%. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih rendah dalam menangani pengembangan gizi dan pangan.

“Disinilah peran dan tanggung jawab kita sebagai Lembaga Pemerintahan, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga Tim Penggerak PKK sebagai Forum Peningkatan Angka Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang merupakan organisasi strategis yang diketuai oleh Ibu Kepala Daerah provinsi maupun kabupaten/kota berupaya untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan asupan gizi melalui peningkatan Angka Konsumsi Ikan pada masyarakat,” jasnya.

Seperti diketahui ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh dan tumbuh kembang anak, karena ikan kaya akan omega-3, yang berperan penting dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan otak.

Pemerintah sangat mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Angka Konsumsi Ikan Sumatera Selatan pada tahun 2023 sebesar 43,68 kg/kap/tahun, ini masih jauh dengan Angka Konsumsi Ikan nasional yaitu 50 kg/kap/tahun.

“Maka dari itu, perlu dilakukan strategi-strategi dalam meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat seperti Kampanye, edukasi, dan promosi makan ikan harus dilakukan secara masif dan terstruktur agar lebih berdampak pada peningkatan pemahaman/kesadaran (awareness) masyarakat dalam mengkonsumsi ikan,” tambahnya.

Iapun berharap, melalui lomba masak serba ikan ini, akan lahir berbagai inovasi dan kreativitas dalam mengolah ikan, dengan menyajikan berbagai menu inovasi masakan serba ikan diharapkan dapat menggairahkan masyarakat agar gemar, senang dan cinta makan ikan dengan olahan-olahan yang tidak membosankan dan menarik sebagai menu makanan. Sehingga, upaya untuk peningkatan konsumsi ikan dan kecukupan gizi pada masyarakat untuk penurunan stunting dapat terpenuhi.

“Saya sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini, karena Lomba Masak Serba Ikan tidak hanya sebagai ajang menunjukkan kebolehan dalam mengolah berbagai macam jenis ikan, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan promosi bahwa pentingnya konsumsi ikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya.

Dia juga mengajak semua kalangan untuk terus berupaya meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat dalam rangka menangani gizi buruk dan pencegahan stunting, sehingga masyarakat Sumatera Selatan menjadi masyarakat yang sehat kuat dan memiliki kecerdasan yang tinggi.

“Sesuai dengan tema yang diusung ”Dengan Lomba Masak Serba Ikan Mewujudkan Generasi Emas yang Sehat dan Cerdas”,” imbuhnya.

Di tempat yang sama Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi menjelaskan  tema yang kita usung kali ini adalah ” Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

Terselenggaranya Hari Kesatuan Gerak PKK ke 52 dan Lomba Masak Serba Ikan  Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2024 lanjut Melza dilatarbelakangi beberapa hal.

Di antaranya yakni Peran Keluarga dalam pembangunan dan pengembangan SDM yang merupakan faktor yang sangat strategis. Dan melalui 10 Program Pokok PKK kiprah dan gerak kridanya telah diakui serta keberadaannya sangat dibutuhkan masyarakat di Indonesia

Secara Historis dibeberkan Melza bahwa Gerakan PKK telah ada sejak tahun 1972, sehingga sudah lebih empat dasawarsa Gerakan PKK ikut berupaya mendukung kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan Keluarga di Indonesia agar menjadi lebih sejahtera.

Untuk tetap memelihara semangat dan terus menggelorakan Gerakan PKK antara lain telah dilakukan serangkaian acara dalam rangka HKG PKK setiap tahunnya yang merupakan momentum puncak segala aktifitas PKK.  Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK  ditetapkan setiap tahunnya  tanggal 27 Desember, berdasarkan Hasil Rakernas PKK Tahun 2010, oleh Menteri Dalam Negeri maka terhitung Tahun 2011 Peringatan HKG PKK ditetapkan setiap tanggal 4 Maret. untuk Tingkat Nasional telah dilaksanakan  pada tanggal 15 Mei 2024 yang lalu di Solo Provinsi Jawa Tengah.

“Memberikan penghargaan kepada para kader yang telah mengabdikan diri dan ikut membangun masyarakat, walaupun tanpa diberi upah atau gaji,” jelasnya.

Ada beberapa tujuan diadakannya kegiatan LSMI. Di antaranya  untuk mengoptimalisasikan Gerakan PKK sebagai Gerakan yang dikelola dengan prinsip dari oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air. Kemudian untuk meningkatkan Persepsi yang sama tentang pelaksanaan program bagi Tim Penggerak PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan, tujuan, program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“Juga untuk meningkatkan motivasi dan kesadaran kader dan masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan PKK. Serta meningkatkan semangat para kader PKK dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul melalui 10 Program Pokok PKK,” jelas Melza.

Dalam rangka Peringatan Pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke – 52 tahun 2024, pihaknya menggelar beberapa rangkaian kegiatannya adalah:

1.Pemberian Penghargaan lomba – lomba dalam rangka HKG :

•Lomba 10 Program Pokok PKK

•Lomba Kelompok Dasawisma

•Lomba Rumah Cinta

•Lomba Aku Hatinya PKK

•Lomba IVA Test

2. Menggelar Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan ini diikuti TP PKK dari kab/kota se Sumsel. (ril)