Scroll untuk baca artikel
Muba

Tingkatkan Realisasi Capaian Target Nasional, Disdukcapil Muba Gencar Lakukan Sosialisasi

×

Tingkatkan Realisasi Capaian Target Nasional, Disdukcapil Muba Gencar Lakukan Sosialisasi

Sebarkan artikel ini

Demoon Hardian Eka Suza ; Kecamatan Lais Capaian Realisasi Adminduk Tiga Besar di Muba

BERITAPRESS, MUBA | Upaya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menuju tertib administrasi Kependudukan masih terus digencarkan, untuk data pelayanan Pencatatan Sipil Menuju Tertib Administrasi. Dalam pencapaian Target Nasional.

Hal itu di sampaikan Kepala Disdukcapil Muba, Demoon Hardian Eka Suza, SSTP, MSi. dalam kegiatan bimbingan teknis dan Sosialisasi Validasi data Kependudukan, yang di gelar di Aula Kantor Kecamatan Lais, Senin (21/10/24).

“Hari ini kita melakukan kegiatan bimtek dan sosialisasi validasi data Kependudukan di Kecamatan Lais,” kata Kepala Disdukcapil Muba, Demoon Hardian Eka Suza, SSTP, MSi.

Lanjutnya, tujuan bimtek dan sosialisasi ini adalah pemerintah Desa terutama bagi perangkat desa dan kepala seksi (kasi) pemerintah yang ada di desa, kedepannya akan menjadi ujung tombak dalam pelayanan adminduk.

“Kedepan disetiap desa melalui kasi pemerintah bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jadi, masyarakat tidak perlu lagi ke Kecamatan maupun kabupaten,” ujarnya.

Disamping itu, Demoon menjelaskan untuk Kecamatan Lais menjadi tiga besar di Muba sebagai capaian realisasi adminduk yang tertinggi.

“Alhamdulillah, dengan capaian tiga besar artinya masyarakat antusias dalam mengurus adminduk. Karena masyarakat memerlukan untuk mengurus administrasi lain seperti BPJS, perbankan, dan keperluan adminduk lain,” jelasnya

Ia mengaku kesadaran masyarakat untuk mengurus KTP, KIA, dan Akta kematian begitu tinggi. “Jadi, kita memprioritaskan pelayanan kepada masyarakat dalam adminduk,” urainya.

Dengan bimtek dan sosialisasi ini agar mampu meningkatkan realisasi capai target nasional. ” Kita punya target nasional untuk capaian adminduk,” harapnya

Sementara itu, Plt Camat Lais, Yuandri, SSTP, MSi, melalui PLH Sekcam, Adi Kurniawan, SE, MSi, mengharapkan kedepan agar kasi pemerintah Desa lebih diberdayakan untuk membantu masyarakat dalam pengurusan adminduk.

“Harapan semoga kedepan kasi pemerintahan di desa agar lebih aktif sesuai tupoksi,” ungkapnya.

Hadiri dalam kegiatan tersebut kepala desa, Sekdes, dan perangkat desa dalam wilayah kecamatan Lais.

Laporan : Ricko/Wan