Scroll untuk baca artikel
Politik

Tarech : Wakil Walikota, Wajar Jika Lagan Didukung Penuh PDI-P Sumsel !

6
×

Tarech : Wakil Walikota, Wajar Jika Lagan Didukung Penuh PDI-P Sumsel !

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS.ID, PALEMBANG | Pengamat sosial politik senior Dr Drs Tarech Rasyid MSi, menilai bahwa sosok H Ahmad Lagan sudah pantas tampil sebagai Wakil Walikota Palembang.

Menurut dia, perjuangan Lagan untuk membesarkan partai PDI Perjuangan di Sumatera Selatan, dilakukannya sejak puluhan tahun lalu.

“Seingat saya, Pak Lagan sudah berkiprah di even politik sejak PDI (belum PDI Perjuangan) dipecah dan diobok-obok pemerintah Orde Baru,” ujar Tarech Rasyid, saat dimintai komentarnya, Kamis, 27 Juni 2024.

Seingat Tarech, ketika itu Lagan berjuang memantapkan politik partai serta ikut membesar PDI bersama almarhum Pak Azis Saip dan Pak Tolha Hasan sehingga PDI ditetapkan Megawati menjadi PDI Perjuangan.

“Saya pikir wajar andaikan PDI Perjuangan Sumsel benar-benar maksimal mengusung dan mendukung Pak Lagan yang didorong aktivis dari akar rumput,” tegas Rektor Universitas IBA Palembang tersebut.

Dalam gejolak politik di awal perjuangan PDI-P, imbuh Tarech, Lagan kerap kali tampil bersama tokoh-tokoh lain ke berbagai daerah.

“Aspek politik seperti ini dilakukannya tanpa pamrih untuk membesarkan partainya. Makanya, setelah PDI-P besar dan sangat digandrungi rakyat, wajar kalau Lagan mendapat dukungan partainya secara maksimal,” kata Tarech.

Bahkan, imbuhnya, popularitas H A Lagan di masyarakat sudah sangat dikenal. Setiap ada perjuangan politik bagi rakyat, Lagan selalu ada di depan. “Ini yang perlu dipertimbangkan PDI-P Sumsel,” ujarnya.

Sementara itu, staf ahli Kapori bidang sosial kemasyarakatan Nur Kholis SH MA, mengatakan eksistensi HA Lagan sangat baik di masyarakat.

“Saat berjuang bagi kepentingan poltik PDI-P di Sumatera Selatan ia lakukan tanpa pamrih. Bahkan saat menjadi Ketua PDI-P Kota Palembang, tak ada gejolak politik di antara pengurus partai. Maka wajar apabila Lagan mendapat dukungan politik secara maksimal dari PDI-P,” tukas Nur Kholis yang pernah menduduki jabatan Ketua LBH Sumsel.

Menurut Nur Kholis, latar belakang pengalaman Lagan dalam hal politik pemerintahan, patut mendapat apresiasi dari partainya sendiri.

Selain pernah di DPRD Kota Palembang, Lagan juga pernah menjadi Pengurus Ranting PDI-P Kelurahan 24 Ilir Palembang tahun 1992-1995, Pengurus Kecamatan Ilir Barat I tahun 1995-2000, dan Ketua PDI-P Kota Palembang dari 2005 hingga 2010..

Dari catatan itu saja, kata Nur Kholis, wajar jika Lagan harus mendapat dukungan penuh dari partainya. “Beliau memang sudah sangat berpengalaman. Saya setuju jika Pak Lagan maju sebagai wakil walikota Palembang 2024-2029,” pungkas Nur Kholis. (*)

Laporan Anto Narasoma