Scroll untuk baca artikel
Fakfak

Selain Hadirkan Kegiatan Klinik Terapung, Perpustakaan Terapung, Sat Polair Polres Fakfak Sambang Nusa Presisi

×

Selain Hadirkan Kegiatan Klinik Terapung, Perpustakaan Terapung, Sat Polair Polres Fakfak Sambang Nusa Presisi

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS FAKFAK/Satuan Polisi Air (Sat Polair) Polres Fakfak terus menunjukkan komitmennya dalam melayani masyarakat pesisir dengan menggelar serangkaian kegiatan sosial yang meliputi Klinik Terapung, Perpustakaan Terapung, dan Sambang Nusa Presisi.

Kamis (25/7/2024) sebelum pelaksanaan kegiatan dimulai dengan Apel konsolidasi dilaksanakan di halaman Kantor Satpolairud, kemudian pukul 10.00 WIT, Sat Polair dan Seksi Dokkes Polres Fakfak yang dipimpin oleh Kasat Polairud Polres Fakfak, Iptu Andi A. Sudirman, bersama Kasi Dokkes Polres Fakfak, Iptu dr.Michael Ayuan, serta 13 personil lainnya, berangkat dari Mako Polairud menggunakan Kapal Polisi C 3 dengan No lambung XXXII-1014 menuju Kampung Key Pulau Panjang. Kegiatan ini bertujuan untuk melaksanakan giat Sambang Nusa, Klinik Terapung, dan Perpustakaan Terapung.

Dalam kegiatan Klinik Terapung, tim medis memberikan pemeriksaan kesehatan gratis, pengobatan, serta edukasi kesehatan kepada masyarakat. Sebanyak 40 orang dari sekitar Kampung Key mendapatkan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis. Layanan ini sangat membantu warga yang sulit mengakses fasilitas kesehatan karena keterbatasan transportasi dan jarak.

Selain layanan kesehatan, Sat Polair juga mengadakan Perpustakaan Terapung, di mana anak-anak dan dewasa dapat meminjam dan membaca berbagai buku yang disediakan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan masyarakat pesisir. Kegiatan ini diikuti oleh 15 pelajar dari SD Kampung Key, yang sangat antusias dalam membaca dan belajar dari buku-buku yang disediakan.

Sambang Nusa Presisi adalah kegiatan untuk mendengarkan langsung keluhan, saran, dan masukan dari masyarakat mengenai berbagai isu keamanan dan ketertiban di wilayah mereka. Petugas kepolisian juga memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban, serta cara melaporkan tindak kejahatan. Dalam kegiatan ini, Sat Polairud Polres Fakfak memberikan bantuan sembako sebanyak 25 paket kepada warga Kampung Key, sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada masyarakat.

Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana,SE.,MH melalui Kasat Polairud Polres Fakfak, Iptu Andi A. Sudirman, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program unggulan yang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan terpencil. “Kami ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat, termasuk yang berada di pulau-pulau terpencil, mendapatkan akses terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan, dan keamanan,” ujarnya.

Masyarakat Kampung Key Pulau Panjang menyambut baik kegiatan ini dan berharap agar program serupa dapat terus dilakukan secara rutin. Mereka merasa sangat terbantu dengan hadirnya layanan kesehatan, perpustakaan, dan kepolisian yang mendekatkan diri kepada mereka.

Sat Polair Polres Fakfak berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya di wilayah pesisir dan pulau-pulau terpencil, guna meningkatkan kesejahteraan dan keamanan di wilayah hukum Polres Fakfak,(IB).