Scroll untuk baca artikel
Sastra

Ridwan: KKPP Sumsel Harus Sejahterakan Anggota

3
×

Ridwan: KKPP Sumsel Harus Sejahterakan Anggota

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG | Seniman musik, terutama musik dangdut, merupakan aset bangsa Indonesia yang tak ternilai. Karena itu harus diberi ruang bagi pengembangan agar nilai kemajuan yang diraih bisa meningkatkan kualitas kehidupan senimannya.

Terkait soal itu, Ketua Kerukunan Keluarga Pedangdut Palembang Sumatera Selatan (KKPP Sumsel) Kgs Muhammad Ridwan, mengatakan bahwa ia akan membawa anggotanya ke arah kemajuan yang siginifkan.

“KKPP Sumsel dan para anggotanya harus memiliki kesempatan hidup yang lebih baik. Maka setelah pelantikan ketua nanti, saya berencana untuk mengajak kawan-kawan membuka celah bagi peningkatan kemampuan yang dimiliki,” ujar Ridwan saat berbincang dengan awak media ini, seusai program pemilihan ketua KKPP Sumsel, Kamis (2/11/2023).

Menurut Ridwan, untuk meningkatkan kualitas pemusik, penyanyi, dan teknisi alat musik, perlu digelar beragam cara. Satu di antaranya, latihan secara bersama.

“Para personal dari grup-grup yang ada, perlu dikolabitasikan dalam latihan bersama, sehingga tiap pemusik dapat saling berbagi kemampuannya masing-masing,” ujar Ridwan.

Menurut Ridwan, latihan secara bersama akan berdampak baik bagi kemajuan para musisi dan penyanyi. “Ini perlu kita lakukan,” katanya.

Sebagai orgasisasi seniman (musik), KKPP Sumsel lebih mengutamakan konsep kebersamaan. Sebab, kata Ridwan, berkaca pada satu kesatuan bermain musik, yang lebih utama adalah membangun cara menghargai perasaan antarsesama anggota.

“Jangan merasa hebat sebat sendiri serta saling menghargai sesama kita. Saya berjanji untuk membangun kemajuan bersama,” ujar Rudwan, tersenyum.

Sementara itu dalam proses pemilihan ketua KKPP Sumsel sebelumnya, pelaksanaannya dilakukan secara kekeluargaan dan saling menghargai.

Dari masalah penyaringan calon ketua yang akan diajukan pada pemilihan itu, hingga terpilihnya dua figur, progres pemilihan berjalan penuh kekeluargaan.

Masing-masing anggota diberi ruang secara demokratis untuk memilih calon mereka. Setelah pemilihan itu berlangsung secara bebas dan rahasia, akhirnya Kgs Muhammad Ridwan memperoleh 48 suara. Sedangkan calon pendampingnya Abu Bakar IKKI, mendapat 23 suara.

Dengan hasil pemilihan ketua KKPP Sumsel secara umum, bebas, dan rahasia itu, Ridwan tampil sebagai pemenang. (*)

Laporan Anto Narasoma