Scroll untuk baca artikel
Lahat

Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN Lahat Dalam Pilkada 2024

4
×

Rapat Koordinasi Pengawasan Netralitas ASN Lahat Dalam Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS.ID, LAHAT | Rapat koordinasi dan sosialisasi pengawasan serta pencegahan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lahat diselenggarakan pada hari ini, Kamis (27/06), di Ballroom Hotel Santika Kabupaten Lahat.

Acara ini bertujuan untuk memastikan netralitas ASN menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lahat serentak tahun 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP. M.Si, Ketua DPRD Kabupaten Lahat Fitrizal Homizi, ST. M.Si, Forkopimda Kabupaten Lahat, para asisten, staf ahli, para kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat, Dirut RSUD Lahat, serta para peserta dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Lahat Muhammad Farid menekankan pentingnya netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu untuk menciptakan Pilkada yang sukses dan bermartabat.

“Sebagai ASN, kita harus memposisikan diri sebagai pihak yang netral, tidak menyebarkan berita hoax (bohong) dan ujaran kebencian, serta menjaga integritas dalam menyikapi situasi politik,” ujar Farid.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Lahat, Drs. Sahabadi T.M.Si, menjelaskan bahwa sosialisasi ini adalah langkah strategis untuk memastikan ASN tetap berperan secara adil dan netral selama proses pemilu. Sosialisasi tersebut menekankan empat poin penting: pemahaman hukum, pengawasan ketat, penegakan hukum, dan sosialisasi serta pendidikan berkelanjutan.

Sahabadi juga menambahkan, “Sosialisasi yang dilaksanakan hari ini sangat penting untuk terus mendidik ASN tentang pentingnya netralitas dan dampak negatif pelanggaran netralitas terhadap kredibilitas pemerintahan dan kepercayaan publik.”

Narasumber dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lahat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lahat, Polres Lahat, Kejaksaan Negeri Lahat, dan BKPSDM Kabupaten Lahat turut memberikan pandangan dan arahan terkait penegakan netralitas ASN. Mereka menyampaikan pentingnya pengawasan ketat, penegakan hukum yang tegas, serta pemahaman mendalam tentang peraturan perundang-undangan yang mengatur peran ASN.

Acara ini diharapkan dapat memperkuat kesadaran kolektif ASN untuk berperan sebagai garda terdepan dalam menjaga integritas dan netralitas selama tahapan-tahapan krusial menuju Pilkada 2024.

“Pertemuan ini menjadi momentum penting dalam mempersiapkan ASN untuk menghadirkan pesta demokrasi yang berkualitas dan adil bagi masyarakat Kabupaten Lahat,” tutup Farid.

Laporan : Siggi