Scroll untuk baca artikel
Pagaralam

Program Srikandi Movement Geliatkan Ekonomi Masyarakat Pagaralam

2
×

Program Srikandi Movement Geliatkan Ekonomi Masyarakat Pagaralam

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PAGARALAM | Dalam rangka menggelorakan ekonomi masyarakat digelar Srikandi PLN dengan tema “Program Pemberdayaan Kelompok Ekonomi Rentan” yang di Sponsori PLN Induk Lahat dalam rangkaian kegiatan sosial dan ekonomi melalui Program Srikandi Movement.

Program Srikandi Movement ini tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga meningkatkan semangat masyarakat untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka.

Dalam upaya memberdayakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Srikandi PLN Unit Induk Lahat – Pagaralam menyelenggarakan Program Kerja Srikandi Movement melalui program pengembangan kelompok rentan berupa bantuan peralatan, pemberian pelatihan hingga penyambungan listrik di rumah produksi Kelompok pengrajin Pepaya Olahanseperti Abom Pepaya, keripik pepaya dan jenis lainya Rabu  (22/11/2023).

Ketua Kelompok, Srikandi PLN, Rika Sri mengungkapkan, kegiatan ini merupakan kesempatan yang luar biasa dalam bersosialisasi, salah satunya mendapatkan selain masyarakat dapat pengetahuan untuk pengembangan olahan produk melalui pelatihan.

“Selain pemberian bantuan dana bersumber dari CSR PLN Rp 350.000.000 juga peralatan untuk pengembangan olahan Pepaya, melalui pelatihan ini apa yang masyarakat tidak tau, jadi tau.” ucap Rika.

Salah seorang Perwakian ibu-ibu kampung Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah kota Pagaralam, Sarmi yang tergabung dalam kelompok mengucapkan terima kasih.

“Untuk ibu-ibu Srikandi PLN yang hari ini bertemu dengan kami, Puji Tuhan, Tuhan itu sangat baik, yang telah menyatakan kasih setia lewat ibu-ibu srikandi PLN, harapan kami semoga bantuan ini dapat memberikan dorongan yang signifikan bagi perkembangan usaha khususnya Kelompok Pepaya olahan,” katanya.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Cabang Lahat, Teguh Aang Firmadi dalam sambutan menyambut positif terkait bantuan peralatan dan sambung listrik yang disediakan,

Ia menyebut, Kota Pagaralam diberikan listrik gratis sebanyak 550 kepala keluarga. “Program Srikandi PLN Movement merupakan salah satu bentuk komitmen PLN dalam mewujudkan program-program sosial, ini komitmen PLN untuk terus mendukung pembangunan di daerah  Kota Pagaralam,” katanya.

“Srikandi PLN kini hadir menjadi salah satu gugus tugas yang dibentuk untuk membantu organisasi dalam mewujudkan program-program sosial dan usaha yang bernilai ekonomis. Maka dari itu, kami berharap melalui bantuan ini, UMKM di Kampung Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam dapat tumbuh dan berkembang lebih baik serta membantu mengatasi kendala listrik dan meningkatkatkan Ekonomi Warga,” sambung Teguh.

Kegiatan diakhiri dengan penuh keceriaan melalui praktek pembuatan Keripik Pepaya & Abon dari Pepaya, menciptakan momen kebersamaan dan memperkuat ikatan antara Srikandi PLN dengan masyarakat kampung Candi Jaya.

Dalam kesempatan ini Pj Walikota Pagaralam Lusapta Yudha tanya jawab dengan warga Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah, selain itu dalam tanya jawab ini diberikan berbagai hadiah.

Pj Walikota juga bercanda gurau dengan warga, dan mengajak warga masyarakat untuk selalu bergontong royong dan selalu menjaga kekompakan untuk kemajuan Pagaralam, sekarang ini terus meningkatkan persamaan gender bagi perempuan sudah beroeran aktif dalam segala bidang.

“Kegiatan PLN ini sangat mengaprisiasi yang terus aktif berfartisipasi buat msyarakat Kota Pagaralam,” ucapanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten, Fokopimda, OPD, Kajari yang mewakili, Kapolres yang mewakili, Camat Dempo Tengah, Lurah, Tim Klompok Srikandi PLN Cabang Lahat, Kelompok Tani Pengrajin Pepaya Olahan, dan warga masyarakat setempat. (09–PA)