Scroll untuk baca artikel
Berita

Pemkab Lahat dan PT Bara Alam Utama Gelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

17
×

Pemkab Lahat dan PT Bara Alam Utama Gelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS.ID, LAHAT | Pemerintah Kabupaten Lahat, melalui Dinas Lingkungan Hidup, menggelar Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Kamis, 28 Juni 2024. Acara yang bertemakan “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan” ini berlangsung di bekas galian tambang PT Bara Alam Utama (BAU).

Dalam sambutannya, Pimpinan PT Bara Alam Utama, Dody Lesmono, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada PJ Bupati Lahat serta Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah memberikan amanah kepada PT Bara Alam Utama untuk menjadi tuan rumah acara tersebut.

“Tema ini sangat penting mengingat lingkungan adalah kesatuan ruang dengan semua makhluk hidup di dalamnya. Jika ada gangguan pada salah satu komponen lingkungan, dampaknya akan terasa pada komponen lainnya,” ujar Dody. “Kami berkomitmen untuk meminimalkan pencemaran dengan kebijakan perusahaan yang mengacu pada peraturan perundangan,” tambahnya.

Sebagai bagian dari aksi nyata, PT Bara Alam Utama melaksanakan kegiatan penanaman 10.740 pohon di lokasi acara. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya restorasi lahan untuk mengatasi perubahan iklim. PT Bara Alam Utama telah merencanakan penanaman lahan seluas 60,37 hektar pada tahun 2024, 54,8 hektar pada tahun 2025, 56,88 hektar pada tahun 2026, dan 81,65 hektar pada tahun 2027, dengan total rencana luasan penanaman mencapai 253,78 hektar hingga fase pasca tambang.

PJ Bupati Lahat, Muhammad Farid, S.STP, M.Si, menyatakan bahwa aksi penanaman pohon ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Lahat dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. “Kami berharap kegiatan pengelolaan lingkungan dan reklamasi penutupan tambang nantinya tidak hanya adil bagi pengusaha tambang, namun juga bagi Pemerintah, masyarakat, dan alam kita. Ini adalah upaya menjaga titipan sumber daya alam dari generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi, ST, M.Si, Forkopimda Kabupaten Lahat, para kepala OPD, camat Merapi Area, kepala desa, pimpinan PT Bara Alam Utama beserta seluruh karyawan, dan tamu undangan lainnya.