Scroll untuk baca artikel
Lahat

Pembukaan Pelatihan Sispam Kota Polres Lahat dalam Rangka Ops Mantap Praja Musi 2024

×

Pembukaan Pelatihan Sispam Kota Polres Lahat dalam Rangka Ops Mantap Praja Musi 2024

Sebarkan artikel ini
Reporter : Sigi

BERITAPRESS, LAHAT | Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga, SH, SIK, MH, memimpin apel pembukaan pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) di Lapangan GOR Lahat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Musi 2024 yang digelar oleh Polres Lahat, Kamis (1/8/2024)

Apel yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh Waka Polres Kompol Ishabdi Saputra, SH, SIK, MIK, Kabag Ops AKP Idham Haris Sugiono, MM, serta jajaran pejabat utama (PJU) Polres Lahat dan personil Polres Lahat yang terlibat dalam simulasi Sispam Kota.

Dalam arahannya, Kapolres Lahat menyampaikan beberapa poin penting:
1. Pelaksanaan Pelatihan : Pelatihan Sispam Kota akan dilaksanakan selama empat hari. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah untuk mengantisipasi situasi kontinjensi yang mungkin terjadi selama dan setelah Pilkada 2024, sehingga situasi Kamtibmas di Kabupaten Lahat tetap kondusif.
2. Proses Pilkada : Saat ini, proses Pilkada sudah dimulai dan bulan ini telah memasuki masa pendaftaran.
3. Pentingnya Latihan Simulasi : Kapolres berharap agar seluruh personel dapat melaksanakan latihan simulasi Sispam Kota dengan sungguh-sungguh. Pelatihan ini harus dijadikan modal untuk menghadapi situasi krusial yang mungkin terjadi selama Pilkada di Kabupaten Lahat.
4. Persiapan Sarana dan Prasarana : Panitia diminta untuk mempersiapkan seluruh sarana dan prasarana agar kegiatan simulasi dapat berjalan dengan baik.
5. Kerjasama dengan PJ Bupati dan Dandim 0405 Lahat : Kapolres menegaskan bahwa PJ Bupati Lahat dan Dandim 0405 Lahat siap bekerja sama dalam menyikapi situasi kontinjensi untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Lahat.
6. Harapan untuk Kamtibmas : Harapan agar situasi Kamtibmas di Kabupaten Lahat tetap kondusif selama dan setelah Pilkada 2024.

Kapolres menekankan pentingnya latihan dan persiapan yang matang.

“Lebih baik kita latihan dan mempersiapkan diri dengan matang, meskipun belum tentu digunakan, daripada kita tidak melatih diri dan mempersiapkan, tetapi nanti akan digunakan dan diterapkan di lapangan, dan kita tidak siap,” ujar AKBP God Parlasro.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan personel dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama Pilkada, sehingga situasi Kamtibmas di Kabupaten Lahat tetap terjaga dengan baik.