Scroll untuk baca artikel
Lahat

Melalui Bujang Gadis Seganti Setungguan Pemkab Lahat Promosikan Wisata

13
×

Melalui Bujang Gadis Seganti Setungguan Pemkab Lahat Promosikan Wisata

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, LAHAT | Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Lahat Chandra.,SH.MM hadir dalam Pemilihan Bujang Gadis Seganti Setungguan Tahun 2024, bertempat di Gedung Kesenian Lahat, Rabu (3/7/2024) malam.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat John Kenedy.,SE menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan Bujang Gadis Seganti Setungguan Lahat Tahun 2024 ini agar generasi muda turut mempromosikan aset-aset kepariwisataan serta melestarikan nilai-nilai budaya di Kabupaten Lahat.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu mengembangkan bakat, kreatifitas dan kemampuan generasi muda sehingga dapat berpartisipasi di Bidang kepariwisataan, mengantisipasi generasi muda dari penganut budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kearifan budaya daerah serta membantu mempromosikan industri pariwisata Kabupaten Lahat baik dari segi objek maupun daya tarik wisata,” jelasnya.

Untuk sasaran dari kegiatan ini adalah generasi muda yang ada di Kabupaten Lahat, yang dimulai dari tanggal 25 Maret hingga 03 Juli 2024. Peserta yang mengikuti Bujang Gadis Seganti Setungguan Tahun 2024 berjumlah 53 orang, yang terdiri dari Bujang 18 orang dan Gadis 35 orang yang berasal dari perwakilan Kecamatan, Pelajar, Mahasiswa dan instansi yang ada di Kabupaten Lahat,” tukas John.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid.,S.STP.M.Si yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Lahat Chandra.,SH.MM mengatakan, Generasi muda sebagai penerus cita-cita Bangsa mempunyai potensi yang besar dalam ikut berpartisipasi melestarikan budaya bangsa, budaya nasional. Bangsa kita sangat majemuk dan bernilai tinggi, namun budaya tradisional ini masih perlu terus digali, dipelihara dan dikembangkan. Aset-aset peninggalan leluhur ini apabila dikemas sedemikian rupa dengan tidak menghilangkan nilai tradisionalnya, akan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Daerah kita.

“Salah satu wadah untuk memelihara nilai-nilai tersebut adalah event pemilihan Bujang Gadis Seganti Setungguan ini, saya yakin para finalis ini sudah melalui seleksi yang ketat, memiliki pengetahuan yang luas, performance yang menarik, kemampuan berkomunikasi yang baik, terampil dan berkepribadian yang baik pula, jadi dapat disimpulkan bahwa objek yang diamati oleh Dewan Juri adalah aspek logika, etika dan estetika dan bakat yang dimiliki oleh finalis,” ucap Sekda.

Dirinya mengharapkan, kepada juri dalam memberikan penilaian lebih memprioritaskan aspek logika, etika dan estetika peserta, sehingga dari event ini nanti akan muncul Bujang Gadis Seganti Setungguan yang tidak hanya cantik dan tampan saja, tetapi juga cerdas, sehat dan berkepribadian kuat, sehingga hasilnya nanti akan benar-benar dapat diandalkan dalam membantu Pemerintah Kabupaten Lahat dalam mempromosikan objek wisata dan memelihara kebudayaan daerah Kabupaten Lahat.

Terakhir Sekda menyampaikan Terima kasih kepada semua pihak, terutama para generasi muda Kabupaten Lahat yang telah berpartisipasi mengikuti kegiatan ini, dan kepada para finalis berusahalah seoptimal mungkin untuk menampilkan yang terbaik.

“Apabila belum berhasil tidak usah berputus asa, jadikan pengalaman ini sebagai pelajaran yang berharga, terus belajar dan berlatih agar hasilnya lebih baik lagi,” tutupnya.

Laporan : Sigi