Scroll untuk baca artikel
Entertainment

Makna Ular Sajaul Al-Aqra dan 12 Pocong di Poster Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

262
×

Makna Ular Sajaul Al-Aqra dan 12 Pocong di Poster Film Siksa Kubur Karya Joko Anwar

Sebarkan artikel ini
Joko Anwar kepada awak media saat konferensi pers di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan. (foto: erwin)
Penulis : Erwin Gunawan

 

BERITAPRESS, JAKARTA – Rumah produksi Come and See Pictures telah resmi merilis poster terbaru terkait film Siksa Kubur karya Joko Anwar. Berbagai kengerian mulai terlihat dengan terpampangnya 12 Pocong yang membentuk tengkorak kepala manusia serta adanya ular Sajaul Al-Aqra yang melilit dengan sedikit tulisan “ANDA AKAN PERCAYA”.

Joko Anwar selaku sutradara menjelaskan langsung terkait poster Siksa Kubur yang menampilkan ular Sajaul Al-Aqra dan 12 pocong tersebut.

“Setiap membuat poster saya tidak pernah tidak ada artinya. Ada sebagian arti yang bisa kita buka sekarang,” ujar Joko Anwar kepada awak media saat konferensi pers di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Rabu, 28 Februari 2024.

Sutradara yang sukses dengan film Pengabdi Setan itu menjabarkan, bahwasannya poster tersebut ditujukan sebagai perenungan kematian.

“Secara harfiah bagi setiap orang, sebanyak apapun yang dia miliki jika dia meninggal akan kembali ke tanah bagi yang beragama Islam, Kristen, dan juga agama-agama lain,” tuturnya.

Terkait adanya 12 pocong yang terpampang di poster tersebut, Joko Anwar tidak mau menjelaskannya secara gamblang.

“Kenapa jumlah pocong segitu, mungkin nanti ketika di tonton filmnya bisa di kulik-kulik lagi,” ucapnya.

Sedangkan hadirnya ular Sajaul Al-Aqra di poster, Joko Anwar menyebut bahwa hal tersebut berkaitan erat dengan kehidupan di alam kubur.

“Kenapa ular? ini ular bukan sembarang ular. Coba cari di Google ini ular namanya Sajaul Al-Aqra,” ungkap sutradara 48 tahun tersebut.

Seperti diketahui, ular Sajaul Al-Aqra merupakan ular mengerikan yang menjadi teman di alam kubur. Ular berwajah iblis ini di perintahkan Allah SWT untuk menyiksa orang-orang muslim yang melalaikan shalat.

Selain hadirnya 12 pocong dan ular Sajaul Al-Aqra, film Siksa Kubur ini juga menghadirkan banyak aktor kawakan seperti Faradina yang didapuk sebagai pemeran utama, Reza Rahadian, Christine Hakim, Arswendy Bening Swara, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, Egi Fedly, Putri Ayudya, hingga Fachri Albar yang kembali berkolaborasi dengan sang sutradara Joko Anwar.

Sekadar informasi, film garapan terbaru Joko Anwar ini akan tayang pada 10 April 2024 mendatang. (*)