Scroll untuk baca artikel
Pagaralam

Kembangkan IKM, Pj Walikota Pagaralam Buka Pelatihan Teknologi dan Informasi Industri Pangan

3
×

Kembangkan IKM, Pj Walikota Pagaralam Buka Pelatihan Teknologi dan Informasi Industri Pangan

Sebarkan artikel ini

Bertujuan Neningkatkan Kreativitas Pelaku IKM Dalam Mengemas Produk

BERITAPRESS, PAGARALAM | Pj Walikota Pagar Alam H Lusapta Yudha Kurnia membuka pelatihan Teknologi dan Informasi Industri Pangan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) olahan pangan, yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kota Pagar Alam, bertempat di Villa Mentari Gunung Gare, kota Pagar Alam, Senin (04/12/2023).

Pelatihan ini diikuti sebanyak 20 peserta yang berasal dari pelaku IKM yang ada di Kota Pagar Alam dan akan berlangsung dari tanggal 4 Desember 2023 hingga 6 Desember 2023 mendatang.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pelaku IKM dalam mengemas produk yang di olah sehingga menarik minat masyarakat (pembeli) dan dapat meningkatkan roda perekonomian di Kota Pagar Alam serta pelaku IKM itu sendiri.

Pj Walikota pada sambutannya menyampaikan kepada seluruh peserta dalam hal ini pelaku IKM, untuk mendaftakan Nomor Induk Berusaha (NIB) produk yang dimiliki sehingga pemasaran berlangsung dengan efektif karena telah memiliki izin usaha dan izin komersial atau operasional.

Pj Walikota juga mengajak pelaku IKM untuk membuat olahan khas, tidak meniru produk lain.

“Ayo rekan-rekan IKM yang ada disini kita membuat dan mengolah sendiri produk-produk kita dengan membaca jurnal (literasi) sehingga tidak meniru (mengikuti tren), dengan kita mempunyai produk khas sendiri produk kita, akan dapat berlangsung sepanjang masa, hal tersebut akan meningkatkan roda perekonomian Kota Pagar Alam dan produk kita akan naik kelas,” kata Pj Walikota.

Pj Walikota juga berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan antusias sehingga nantinya berkeinginan berinovasi membuat beragam olahan sendiri yang lebih menarik. (09-PA)