Scroll untuk baca artikel
PALI

Festival Sagarurung Pali Dibuka

24
×

Festival Sagarurung Pali Dibuka

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALI | Festival Sagarurung resmi dibuka di Lapangan Gelora 10 November Komperta, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Koperasi Indonesia ke-77 dan berlangsung dengan penuh kemeriahan. Kamis. (25/07/2024)

Acara dimulai dengan penampilan dari Smenew Band dan Duo Singer Senjang, serta Tari Tepak Serapat Serasan yang memukau para hadirin, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya lalu doa bersama yang dipimpin oleh Ustad Jajang, S.Hi.

Acara dibuka langsung oleh Bupati PALI, Dr Ir H Heri Amalindo, MM yang diwakili Sekda PALI, Kartika Yanti, SH, MH dihadiri oleh Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM RI, Ahmad Zabadi, Kepala Dinas Koperasi UKM Provinsi Sumatera Selatan, Amirudin serta diikuti sejumlah daerah lain pada 17 kabupaten dan kota se-Provinsi Sumatera Selatan.

“Atas nama pribadi, masyarakat, dan Pemerintah Kabupaten PALI, kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan, khususnya Kepala Deputi Bidang Perkoperasian, Ahmad Zabadi, SH, MM beserta jajarannya. Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana promosi dan penggerak pemberdayaan usaha mikro serta ekonomi berbasis kerakyatan dan kearifan lokal,” ujar Kartika Yanti.

Festival Sagarurung, yang berlangsung dari 25 hingga 27 Juli 2024, juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni, termasuk dari Wulan KDI, Tari Kreasi, dan New Cavilla Band. Selain itu, terdapat pameran UMKM yang diikuti peserta dari luar Kabupaten PALI, lomba kreasi inovasi Sagarurung, dan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Sebagai bagian dari program rutin Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Festival Sagarurung bertujuan untuk mempromosikan produk khas UMKM PALI di tingkat kabupaten bahkan nasional.

Dengan tema “Koperasi Maju, Indonesia Emas”, festival ini diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan ekonomi berbasis kerakyatan serta kearifan lokal.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian berbagai penghargaan dan bantuan, termasuk KUR Subsidi Bunga 0%, bantuan peralatan produk UMKM PALI, penghargaan untuk Kades Berprestasi Tingkat Nasional, pembagian 3000 sertifikat tanah, serta simbolis pembagian laptop dan motor untuk tenaga PKH.

Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Setda Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Basyarudin Akhmad, M.Sc, mewakili PJ Gubernur Sumatera Selatan, menyatakan, hari Koperasi Nasional adalah momen penting untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya pembangunan koperasi yang berlandaskan asas kekeluargaan dan gotong royong.

“Semoga kegiatan ini menambah semangat koperasi dalam membangun perekonomian Sumatera Selatan,” ujarnya.

Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Ahmad Zabadi, juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten PALI.

“Kami mengapresiasi Pemerintah Kabupaten PALI melalui Dinas Koperasi dan UKM serta seluruh pihak yang mendukung kegiatan ini. Partisipasi dalam kegiatan ini adalah peluang untuk memperluas kemitraan dan memperkaya wawasan atas dinamika pasar. Kami berharap para pengurus dan anggota koperasi selalu menjaga integritas dan profesionalisme dalam meningkatkan kualitas koperasi,” ujarnya Kamis (25/07/2024).

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pejabat penting termasuk Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Ahmad Zabadi, SH, MM, Kepala Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Selatan, Ir. H. Amirudin, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH, MH, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin,S.I.K, M.H, serta berbagai pejabat lainnya, tokoh masyarakat, dan tamu undangan. (Advertorial)

Laporan : Candra