Scroll untuk baca artikel
Politik

Dari Komunitas Menuju Legislatif, Saatnya Generasi Muda Bergerak

0
×

Dari Komunitas Menuju Legislatif, Saatnya Generasi Muda Bergerak

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG | Salah satu member grub SKBWP (Silaturahmi Keluarga Besar Wong Palembang), Yakop Pan Iskar seorang wirausaha muda, maju menjadi calon legislatif dari Partai Gelora Indonesia, Daerah Pemilihan (Dapil) 6 DPRD Palembang, yang meliputi Kecamatan Seberang Ulu 1, Jakabaring dan Kecamatan Kertapati.

Pria kelahiran Palembang. 10 oktober 1994 ini merupakan sosok pemuda milenial dan berjiwa idealis yang siap bertarung membawa perubahan bagi masyarakat Kota Palembang.

Yakop menyampaikan niat dirinya mencalonkan menjadi caleg anggota DPRD Kota Palembang selain memperjuangkan pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkualitas, juga menjadi jembatan bagi kalangan kawula muda dalam menyuarakan aspirasi melalui ranah politik di wilayah pemilihannya (Dapil 6).

“Menurut saya yang terpenting untuk rakyat itu adalah pendidikan yang bagus, karena dari pendidikan itulah kita bisa melahirkan anak-anak generasi penerus yang pintar untuk meneruskan cita-cita bangsa dan harus di imbangi dengan kesehatan yang mudah dijangkau masyarakat,” tutur mahasiswa Universitas Binadarma Teknik Informatika Palembang ini.

Diungkapkan Yakop, yang memotivasi dirinya masuk Partai Gelora Indonesia besutan politikus ulung Anis Matta dan Fahri Hamzah serta tokoh politik Sumatera Selatan (Sumsel) H Yuswar Hidayatullah, MAP ini adalah karena partai politik nomor urut 7 ini mengedepankan ide-ide dan narasi para kader nya.

“Jika nanti saya terpilih menjadi wakil rakyat, kemungkinan saya akan memilih masuk ke komisi pendidikan dan kesehatan. Saya ingin mengawasi jalannya pemerintahan yang bersih di bidang pendidikan dan kesehatan. inilah betapa pentingnya kesehatan dan pendidikan didalam ruang lingkup kita berwarga negara,” jelas Caleg Nomor Urut 1 Partai Gelora Indonesia.

Alasan lain dirinya sangat ingin masuk ke dunia politik adalah agar dapat mempunyai kekuasaan untuk mengambil kebijakan demi masyarakat. Butuh power (kekuasaan) untuk mengubah keadaan suatu daerah atau negara.

“Saya rasa berbuat di luar sistem belum begitu optimal, sebab itu saya harus masuk sistem dan dapat melaksanakan fungsi, tugas dan hak, serta kewajiban dijalur legislatif ini, Kalau power dipegang orang baik, maka melahirkan kebijakan yang baik juga,” tandasnya.

Yakop meyakinkan kepada calon pemilihnya di Dapil 6, bahwa dirinya akan bekerja melaksanakan amanah dengan adil dan jujur. Niat ini tentunya tak luput dari dukungan masyarakat Kota Palembang selain doa restu dari orang tua & keluarga.

“Alhamdulillah dukungan banyak berdatangan, bekal support masyarakat, terutama kawan kawan dari komunitas SKBWP, inilah yang dapat mempermudah saya untuk melangkah, kaum muda seakan diasingkan tanpa diberikan kesempatan yang sama, padahal kami juga bisa membuktikan,” ucap Yakop. (Rach.Harry)

Biodata;
Nama :  Yakop Pan Iskar
Tempat/Tgl. Lahir     : Palembang 10 oktober 1994
Alamat:  Jalan KHM Asyik Lr.Jayalaksana RT.10, RW.03, Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Palembang
Orang Tua : Ayah Sohe dan Ibu Padiyah
Asal Kabupaten OKI

Pendidikan        :
SD MI Hijriyah 2 Palembang
SMP Negeri 7 Palembang
SMK  Telenika Palembang
Universitas Binadarma Teknik Informatika

Caleg dari  :
Partai Gelora Indonesia
(Partai Gelombang Rakyat Indonesia)

Daerah Pemilihan :
Dapil 6 Palembang No Urut 1 (SU I, Jakabaring, Kertapati)