Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

BPW Peradin Sumsel Launching PPA Gelombang Pertama

32
×

BPW Peradin Sumsel Launching PPA Gelombang Pertama

Sebarkan artikel ini

Bersama Universitas Palembang

BERITAPRESS, PALEMBANG | Badan Pengurus Wilayah Persatuan Advokat Indonesia Sumatera Selatan (BPW Peradin Sumsel) membuka Program Pendidikan Advokat (PPA) Gelombang Pertama, di moment Hari Peringatan Kebangkitan Nasional tanggal 21 mei 2024 di sekretariat BPW Peradin Sumsel di jalan Soekarno Hatta Palembang.

Pendidikan ini kolaborasi dengan Universitas Palembang (Unpal) dan BPW Persatuan Advokat Indonesia (Peradin) Propinsi Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Ketua BPW Peradin Sumsel Adv. BRM Aritonang, SH, MH mengundang lulusan Sarjana Hukum untuk memberikan sumbangsih dalam konteks negara demokrasi dan hukum modern yang ingin menjadi seorang advokat untuk mendaftar di kantor BPW Peradin Sumsel.

Pelaksanaan dari tanggal 1 juli s/d 3 juli 2024, para peserta wajib mendaftarkan diri sebagai calon peserta dengan ketentuan Biaya pendaftarannya hanya Rp 1.750.000,- dan biaya pendidikan serta biaya pelantikan akan di infokan oleh panitia penerima pendaftaran.

“Untuk pengajar, guru besar hukum dan beragam pakar yang kompeten di bidangnya sebagai narasumber,” ujar Aritonang.

Secara rinci Aritonang menjelaskan, untuk menjadi seorang advokat harus melalui pendidikan khusus advokat, bagaimana pengetahuan itu dipraktikkan, profesionalitas dan integritas, serta izin praktik advokat.

“Itu sebabnya kami menggandeng Unpal yang sudah terbukti kualitasnya untuk menyelenggarakan PPA bagi lulusan sarjana hukum yang ingin menjadi seorang advokat,” terangnya.

Setelah menempuh pendidikan advokat ini, lanjut Aritonang, advokat ini kemudian magang 2 tahun berturut-turut dan mengikuti sertifikasi kompetensi advokat profesional agar bisa beracara. Tanpa sertifikat kompetensi dari PERADIN, seorang advokat tidak bisa berpraktik.

“Kami terus berkomitmen menjalankan PPA dengan standar yang tinggi walau dilakukan secara daring tapi tidak mengurangi kualitas. Unpal sendiri punya visi yang sama dengan Peradin, di mana PPA ini menghasilkan advokat yang punya kompetensi. Advokat berkualitas dan mumpuni,” pungkasnya.

Sementara itu, Dr. Hendrik Eddy Purnomo, dalam sambutannya menyatakan, sangat bangga atas BPW Peradin Sumsel dengan usia Badan Pengurus Wilayah yang masih relatif sangat muda sudah mampu menjalankan Program PPA di Provinsi Sumatera Selatan.

“Dan BPP Peradin akan mendukung dan mensupport agar PPA gelombang pertama ini sukses dalam pelaksanaannya,” bebernya.

Turut hadir, Sekretaris Jendral (Sekjen) Badan Pengurus Pusat (BPP) Peradin, Dr. Hendrik Eddy Purnomo, SH, MH, ACIArb, melalui Zoom Meeting, acara diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dan lagu mars Peradin. dihadiri oleh Perwakilan dari Fakultas Hukum Unpal dan juga merupakan Penasehat Peradin Adv. H. Siahaan, SH, MH, MHum, Perwakilan Dewan Pembina AKBP (P) H. Sahril Musa, SH, MH, Ketua BPW Peradin Sumsel AKBP (P) Adv. BRM Aritonang, SH, MH, Ketua Panitia Pelaksana PPA Adv.Kaharuddin MS.SH, dan Panitia Pelaksana serta Pengurus BPW Peradin Sumsel.

Laporan : Rachmat