Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

411 Siswa Madrasah Ikuti Kompetisi Sains Tingkat Provinsi Sumsel

13
×

411 Siswa Madrasah Ikuti Kompetisi Sains Tingkat Provinsi Sumsel

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, PALEMBANG | Sebanyak 411 siswa madrasah se-Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Provinsi Tahun 2024. Kegiatan ini dibuka Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan di Aula MAN 3 Palembang, Rabu (31/7/2024) siang.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumsel Ishak dalam laporannya menjelaskan, KSM Provinsi Sumsel diikuti 411 siswa MI, MTs, dan MA dari 17 kabupaten/kota se-Sumsel. Mereka akan mengikuti beberapa mata lomba selama dua hari di dua lokasi. Untuk kategori individu diikuti 258 siswa, dilaksanakan di MAN 3 Palembang, sedangkan kategori beregu diikuti 51 regu dilaksanakan di MTsN 2 Palembang.

“Melalui KSM tingkat provinsi ini, kita akan menjaring bibit unggul yang akan berlaga di ajang nasional di Ternate Provinsi Maluku Utara, pada 3-7 September mendatang,” jelas Ishak.

Ishak juga menjelaskan, mata pelajaran yang diikuti untuk kategori individu, berdasarkan jenjang pendidikan. Untuk Madrasah Ibtidaiyah yaitu Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi, untuk Madrasah Tsanawiyah yakni Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi. Sedangkan untuk Madrasah Aliyah adalah Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

Sementara kategori beregu, jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah adalah Sosial Sains Terpadu (Matematika dan IPAS), jenjang Madrasah Tsanawiyah adalah Sosial Sains Terpadu (Matematika, IPA dan IPS), dan Madrasah Aliyah adalah Sosial Sains Terpadu (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi dan Ekonomi).

Kakanwil Kemenag Sumsel Syafitri Irwan dalam arahannya berpesan agar KSM dijadikan momentum mempertahankan kredibilitas untuk meraih prestasi secara objektif dan sportif.

“Saya berharap KSM ini bisa membawa pencerahan dan mendorong semangat siswa madrasah untuk mengukir prestasi semaksimal mungkin. Serta menumbuhkembangkan karakter unggul, integritas, sportivitas dan intelektualitas yang dibutuhkan siswa di era yang kompetitif ini,” pesannya.

Menurutnya, karakter tersebut sangat dibutuhkan untuk dapat memajukan madrasah dalam berbagai bidang sehingga madrasah yang merupakan agen mencetak, mencerdaskan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan pembimbing akhlak umat dapat terus meningkat. Terutama dalam meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah islamiyah.

Dia juga menitipkan lima harapan dalam penyelenggaraan KSM tahun ini. Pertama, berkembangnya bakat dan minat siswa di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains. Kedua, meningkatnya ghirah siswa madrasah untuk selalu mengasah kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya. Ketiga, berkembangnya budaya kompetitif dan kolaboratif di kalangan siswa madrasah. Keempat, terjaringnya bibit unggul dan berprestasi sebagai calon peserta ajang kompetisi tingkat internasional. Kelima, menghasilkan siswa-siswi terbaik di setiap bidang dan menjadi SDM yang mencintai bidang keilmuannya.

“Teruslah semangat dan tingkatkan kemampuan. Jadilah penerus bangsa yang berbudi dan berintegritas untuk masa yang akan datang. Selamat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2024 ini, sesuai tagline Madrasah Maju, Bermutu, Mendunia,” tuntasnya.

Pembukaan KSM sendiri dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kepala Bidang dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota Se-Sumsel, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sumsel Emilia Syafitri Irwan bersama anggotanya, ketua tim di Bidang Pendidikan Madrasah serta Kepala Madrasah Negeri se-Sumsel.

Reporter : Adi