Scroll untuk baca artikel
Muara EnimPolitik

20 Program Unggulan Dinilai Pro Rakyat, Masyarakat Dua Desa Siap Menangkan Pasangan SONNI

×

20 Program Unggulan Dinilai Pro Rakyat, Masyarakat Dua Desa Siap Menangkan Pasangan SONNI

Sebarkan artikel ini

BERITAPRESS, MUARA ENIM | Kampanye pasangan nomor urut dua, Esison Sumarni, yang dikenal sebagai pasangan SONNI MEMBARA, di Desa Ulak Bandung dan Ujanmas Ulu, Kecamatan Ujanmas, pada Rabu (9/10/24) disambut antusias oleh masyarakat kedua desa tersebut.

20 program unggulan yang dinilai sangat pro rakyat tersebut disampaikan langsung oleh calon Wakil Bupati, Ir. Hj. Sumarni, M.Si., saat memberikan orasi dan paparan di depan masyarakat yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Hj. Sumarni menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat atas ketidakhadiran calon Bupati, Bapak H. Edison, S.H., M.Hum., karena adanya jadwal kampanye di tempat terpisah di Kecamatan Tanjung Agung.

Hj. Sumarni menerangkan bahwa pasangan SONNI MEMBARA memiliki 20 program unggulan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Muara Enim. Program tersebut disusun tidak hanya berdasarkan keinginan pasangan calon saja, tetapi juga melalui proses kajian dan survei yang panjang di wilayah Kabupaten Muara Enim. Program-program ini disesuaikan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Muara Enim.

Di antara program unggulan yang sangat dibutuhkan masyarakat adalah kebutuhan sembako yang murah dan terjangkau, kelengkapan seragam sekolah gratis hingga tingkat SLTP, BPJS Plus gratis, PBB rumah tinggal gratis, pupuk yang mudah dan murah, bantuan alat berat untuk pembukaan lahan pertanian, bantuan UMKM gratis, serta program pro-rakyat lainnya.

“Semuanya itu akan terealisasi dan akan memberikan manfaat jika masyarakat desa ini dan masyarakat Kabupaten Muara Enim pada tanggal 27 November nanti memilih dan memenangkan pasangan nomor urut dua, yakni pasangan H. Edison dan Hj. Sumarni,” terang Hj. Sumarni.

Hj. Sumarni juga menyampaikan harapannya bahwa jika pasangan nomor urut dua menang, maka kemenangan ini adalah kemenangan masyarakat Muara Enim secara keseluruhan. Di akhir orasinya, Hj. Sumarni meminta kepada seluruh warga yang hadir untuk mengajak seluruh keluarganya pada hari pencoblosan nanti.

Salah satu warga Desa Ulak Bandung yang diwawancarai oleh media mengatakan bahwa program serta visi dan misi pasangan Edison dan Sumarni dinilai sangat pro rakyat dan pasti akan didukung. “Kami siap memenangkan pasangan ini dengan mengajak seluruh keluarga besar kami serta masyarakat Desa Ulak Bandung,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Repy, warga Desa Ujanmas Ulu, yang turut disambangi oleh calon Wakil Bupati beserta tim pemenangan SONNI MEMBARA. “Kami sangat yakin sekali dengan program-program yang disampaikan tadi oleh Ibu Hj. Sumarni. Apa yang disampaikan sangat masuk akal dan tidak mengada-ada. Semuanya sangat kami butuhkan, dan kami akan siap memenangkan pasangan nomor urut dua ini,” ungkap Repy.

Adapun 20 Program Strategis Pasangan SONNI MEMBARA adalah sebagai berikut:

1. Sembako Murah

2. Berobat dan BPJS Gratis

3. Seragam dan Perlengkapan Sekolah Gratis (dengan Memberdayakan Penjahit Lokal)

4. Bantuan Kendaraan Operasional Desa/Kelurahan

5. Program Padat Karya di Setiap Desa untuk Penciptaan 10.000 Lapangan Kerja Bar

6. Bantuan Operasional dan Kendaraan bagi Sekolah, Pondok Pesantren, dan Ormas Keagamaan

7. Pembinaan dan Bantuan Modal Gratis bagi UMKM

8. Melanjutkan Pembangunan Jalan Tol Muara Enim-Indralaya-Palembang untuk Mengurangi Biaya dan Mempercepat Arus Orang dan Barang

9. Jalan Jembatan Desa Mulus dan Pembangunan Jalan Tembus Baru

10. Peningkatan Jumlah Program Bedah Rumah Gratis

11. Bebas Pemadaman Listrik & Terjaminnya Aliran Air Bersih yang Lancar

12. PBB Maksimum Rp. 100.000 Dibebaskan/Gratis

13. Bantuan Alat Berat untuk Pembukaan Lahan Baru/Peremajaan (Replanting)

14. Pembangunan Irigasi/Pengairan Persawahan

15. Pupuk Tersedia dan Murah

16. Bantuan Bibit, Benih, dan Alsintan

17. Pembangunan Mall dan Kawasan Industri/Pusat Pertanian/Agropolitan untuk Menciptakan 10.000 Lapangan Kerja Baru

18. Bantuan Langsung Tunai untuk Keluarga Harapan, Anak Yatim/Piatu, Disabilitas, dan Lansia

19. Bupati Ngantor di Desa

20. Santunan Kematian Rp. 3.000.000, Mudah dan Sederhana.

Laporan: Andi Candra